Bupati Gresik Sosialisasikan SGA ke Kartar

SosialisasiGresik, Bhirawa
Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto mensosialisasikan kompetisi The Sunan Giri Award (SGA) kepada 300 anggota pemuda yang tergabung dalam Kartar (Karang Taruna) se Kab Gresik, bertempat di Ruang Mandala Bhakti Praja pada Rabu, (19/8) kemarin. SGA itu sendiri bertujuan meningkatkan pelayanan pemerintahan desa kepada masyarakatnya.
Setidanya, ada 330 desa dan 26 kelurahan se Kab Gresik yang tingkat pelayanan masyarakatnya akan dinilai tim. Dalam penilaian, desa dan kelurahan akan diseleksi meliputi penilaian akuntabilitas publik dan partisipasi anggaran UU Desa Nomor 6 tahun 2014. ”Selama beberapa kali penyelenggaraan Sunan Giri Award, terlihat sudah ada perubahan maindset dari para kepala dan aparatur di desa,” ujar Kepala Bagian Organisasi, Budi Raharjo.
Pada SGA 2014 lalu, Desa Sambugunung, Kec Dukun sukses meraih juara I. Disusul Desa Wedani, Kec Cerme dan Desa Wadaklor, Kec Duduksampeyan masing masing meraih juara II dan Juara III. Diakui Budi Raharjo, penghargaan SGA ini berdampak terhadap kualitas layanan publik di desa. Kedepan perlu dikembangkan kepada instansi lain, misalnya kecamatan dan Puskesmas, sehingga semua instansi akan berlomba meningkatkan layanan kepada masyarakat.
Seperti pernah disampaikan Bupati saat penganugerahan SGA 2014 lalu, jika sejak awal-awal dulu program SGA ini diselenggarakan, tentu keadaan Gresik sudah lebih baik dari sekarang. Hal ini dikutip kembali oleh Budi Raharjo untuk menguatkan betapa pentingnya program ini dilaksanakan di Kab Gresik. ”Lihat saja, kini pada kebijakan Kepala Desa sudah merasa dikontrol dan diapresiasi oleh masyarakat desanya. Jadi para Kades tak bisa lagi semena-mena,” ungkapnya.
Sementara, Kabag Humas Pemkab Gresik, Suyono memastikan kepala desa yang memiliki kinerja terbaik dipastikan akan menyabet penghargaan ini. Seperti yang pernah disampaikan Bupati, Suyono mengingatkan para Kades dan lurah agar senantiasa membangun kebersamaan antara pemerintahan desa, masyarakat dan swasta. ”Kebersamaan ini juga penting terutama dengan BPD para ketua RW dan ketua RT di wilayahnya. Intinya, kegiatan ini bukan untuk sekedar hadiah dan penghargaan, tapi murni untuk peningkatan pelayanan dan  good governance,” ujar Suyono. [eri]

Tags: