Bupati Ikfina Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Mojokerto, Bhirawa
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meluncurkan kartu kredit pemerintah daerah (KKPD). Kartu ini dimaksudkan untuk meningkatkan efektivitas dan akuntabilitas belanja daerah yang sifat pembayarannya dipermudah. Karena mempersingkat administrasi.

“Tapi hati – hati untuk penanggungjawab di setiap perangkat daerah, untuk membelanjakan anggaran. Karena setiap detil pembelanjaan melalui KKPD terekam semua dan tidak bisa dihapus. Jadi KKPD ini bisa menjadi benteng pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan akuntanilitas kita kepada masyarakat,” tegas Ikfina saat memberi arahan di Ballroom Hotel Aston Mojokerto, Senin (19/2) siang.

Lebih lanjut ditambahkan Bupati Ikfina, jika KKPD ini merupakan program dari pemerintah pusat, untuk efektifitas belanja daerah yang dalam prosesnya di kabupaten Mojokerto dicanangkan melalui BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset) dan bekerja sama dengan Bank Jatim.

“Saya lihat KKPD ini bisa mempermudah pemerintah daerah untuk membelanjakan anggaran sesuai kebutuhan, karena KKPD ini sifatnya mempersingkat administrasi, jadi tinggal gesek,” tuturnya .

Sementara itu, Kepala BPKAD Kabupaten Mojokerto Mieke Juli Astuti mengatakan penerapan KKPD di Pemkab Mojokerto ini akan diuji cobakan kepada 5 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai power project.

“Untuk power project penggunaan KKPD ada 5 diantaranya Inspektorat, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Inspektorat, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo),” jelas Kepala BPKAD itu.

Nantinya, lanjut Mieke, KKPD juga bisa menjadi sarana untuk memperoleh dana insentif fiskal daerah karena salah satu kriteria untuk mendapatkan insentif fiskal adalah percepatan realisasi belanja APBD yang bisa ditunjang melalui KKPD itu sendiri.

“Tujuan lain untuk pengaplikasian KKPD ini adalah untuk mendapatkan dana insentif fiskal daerah, karena kriteria untuk mendapatkan insentif fiskal daerah adalah penerapan KKPD,” pungkasnya.

Giat peluncuran KKPD ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto, Seluruh Pejabat Perangkat Daerah Kabupaten Mojokerto dan Perwakilan dari Bank Jatim selaku mitra penerapan KKPD. [min.ina]

Tags: