Bupati Jember Serahkan Draf KUA-PPAS APBD 2021 ke Dewan

Bupati Jember Hendy Siswanto kepada Ketua DPRD Jember Itqon Sauqi disaksikan Wakil Bupati HM.Balya Firjaun Barlaman dan unsur pimpinan DPRD Jember diruang Ketua DPRD, Senin (29/3)

Anggarkan Rp700 Miliar untuk Perbaikan Infrastruktur
DPRD Jember, Bhirawa
Bupati Jember H.Hendy Siswanto didampingi Wakil Bupati HM.Balya Firjaun Barlaman menyerahkan draf Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Platfon Anggaran Sementara (KUA -PPAS) AapabD 2021 ke DPRD Jember, Senin (29/3).

Tanpa ada ceremoni, Bupati dan Wakil Bupati menyerahkan draf KUA-PPAS kepada Ketua DPRD Jember disaksikan unsur pimpinan DPRD sambil ngopi bareng, di ruangan Ketua DPRD Jember Itqon Sauqi.

Bupati Jember H.Hendy Siswanto kepada media mengatakan, dalam penyerahan KUA-PPAS tidak harus dilakukan secara formal, dengan cara silahturahim sambil ngopi juga bisa dilakukan.

“Yang penting kita mempunyai semangat yang sama untuk menyelesaikan APBD 2021 secepatnya,” ujar Bupati Hendy yang dibenarkan oleh Ketua DPRD Jember Itqon Sauqi kemarin.

Menurut Hendy, kekuatan APBD Jember 2021 sebesar Rp.4.405 Triliun lebih, difokuskan kepada pembangunan infrastruktur dan PJU, sektor Pertanian, Pendidikan dan Kesehatan.

“Untuk infrastruktur, kami menyediakan anggaran Rp600-Rp700 Miliar. Anggaran sebesar itu diproyeksikan untuk perbaikan jalan sepanjang 1.000 Km sampai ketingkat dusun. Khusus untuk infrastruktur kami lakukan dengan sistem kontra tahun jamah, kalau tidak selesai tahun ini sampai tahun berikutnya.

Kita semua tahun, selama lima tahun tidak ada perbaikan dan perawatan jalan, sehingga banyak jalan yang rusak dan tidak sedikit pengguna jalan yang jadi korban, bahkan meninggal dunia,’ ujarnya.

Dalam sistem kontra tahun jamak ini, kata Hendy multi player efeknya yang bisa dirasakan masyarakat sangat banyak. Selain jalan semuanya bagus, roda perekonomian masyarakat lancar.

“Dalam sistem kontrak tahun jamak ini tidak lama, Maret 2022 sudah rampung seluruhnya (1.000 KM). Dengan percepatan pembangunan ini, perputaran ekonomi masyarakat cepat pulih, karena anggaran Rp600-Rp700 Miliar akan berputar di Jember,” terangnya pula.

Untuk sektor Pertanian, kata Hendy, merupakan sektor yang sangat penting, apalagi Jember merupakan daerah pertanian dan lumbung pangannya Jawa Timur.

“Bagaimana petani tidak kesulitan pupuk, dan infra struktur lainnya. Begitu pula untuk sektor pendidikan dan kesehatan. Semuanya kita anggarkan, termasuk anggaran pendidikan kita anggarkan di atas 20 persen dari kekuatan APBD yang ada,” tuturnya.

Sementara, Ketua DPRD Jember Itqon Sauqi mengatakan, setelah menerima draf KUA-PPAS APBD tahun 2021, pihaknya akan membahas secara internal dengan pimpinan DPRD Jember.

“Besok malam, kami akan membahas bersama Bandan Anggaran DPRD bersama Bupati dan Wakil Bupati dan tim anggaran Pemkab Jember. Besok malam (Selasa Malam) teman- teman (media) kami tunggu, karena besok malam rapat perdana Bupati dan Wakil Bupati membahas APBD 2021,” ujarnya.

Bupati Hendy bersama Ketua DPRD Jember Itqon Sauqi mentargetkan, sebelum puasa nanti, Jember sudah memiliki APBD.’ Tidak usah pakai lama, sebelum puasa Jember sudah punya APBD,” kata Bupati Hendy yang dibenarkan oleh Ketua DPRD Jember Itqon Sauqi kemarin. [efi]

Tags: