Bupati Jombang Ajak Kenang Pahlawan dan Hargai Perjuangan Pahlawan Kesehatan

Bupati Mundjidah Wahab saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 di Lapangan Pemkab Jombang, Senin pagi (17/08).

Jombang, Bhirawa
Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab menjadi Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 Tahun 2020 di Lapangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang, Senin pagi (17/08). Bupati Mundjidah Wahab mengajak semua pihak mengenang jasa para pahlawan dan menghargai perjuangan para pahlawan kesehatan yang berjuang pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Para pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jombang tampak hadir pada upacara tersebut.

Bupati Jombang mengatakan, dirinnya mengucapkan rasa syukur karena kita Masih diberi keselamatan, kesehatan dan kesempatan untuk mengikuti Upacara Bendera Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020.

“Hari ini, genap sudah 75 tahun kita menikmati kemerdekaan. Sebagai Jembatan emas mewujudkan cita-cita berbangsa dan bernegara,” ucap Bupati Jombang.

Bupati menambahkan, momen kemerdekaan kali ini hadir dengan nuansa/ makna baru. Kalau dulu, rakyat Indonesia berperang menghadapi serdadu penjajah yang berusaha merongrong persatuan dan kesatuan NKRI, berbeda dengan kondisi sekarang, kita berperang di masa pandemi Covid-19 yang masih belum tahu kapan berakhir.

“Kunci awal menuju ‘kemerdekaan’ sekarang adalah lepas dari kepanikan akibat pandemi Covid-19 dan bersatu melawan egoisme dengan tetap mematuhi anjuran protokol kesehatan dalam segala rutinitas di era New Normal. Tidak seharusnya kita menganggap Covid-19 adalah masalah biasa yang tidak akan berimbas pada diri kita,” papar Bupati Jombang.

Dikatakannya, dalam refleksi kemerdekaan saat ini, kita tidak hanya mengenang jasa para pahlawan terdahulu tapi juga menghargai perjuangan pahlawan kesehatan sebagai ‘garda terdepan’ yang banyak gugur di medan perang dalam proses penyembuhan pasien Covid-19.

“Terkait dengan fenomena pandemi, seluruh masyarakat harus bekerjasama, peduli dan sigap dengan situasi bersama agar kasus Covid-19 di Indonesia segera mereda. Tidak hanya mementingkan diri sendiri tapi juga kepentingan bersama,” kata Bupati Jombang.

Pada kesempatan itu, Bupati Jombang juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para alim ulama, tokoh agama, para pengelola tempat ibadah, para tokoh masyarakat, para ketua RW dan RT dan seluruh masyarakat yang telah mengikuti himbauan pemerintah untuk mengikuti protokol kesehatan di tempat ibadah.

“Cobaan pandemi melahirkan semangat meningkatkan kembali rasa persaudaraan antar sesama warga Jombang,” tandas Bupati Jombang.(rif)

Tags: