Bupati Jombang: Setelah Divaksin, ‘Ojo Sembrono’, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Bupati Mundjidah Wahab saat memberikan sambutan pada acara Pencanangan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dan Peresmian 6 Gedung Baru Puskesmas BLUD di Puskesmas Tambakrejo, Jombang, Rabu (27/01). [arif yulianto/bhirawa].

Jombang, Bhirawa
Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab mengingatkan kepada pihak-pihak yang telah divaksin Sinovac agar tidak teledor dan tetap mematuhi dan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Pencegahan Covid-19. Bupati menggunakan istilah, ‘ojo sembrono’ saat mengingatkan di acara Pencanangan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Tambakrejo, Jombang, Rabu (27/01).

Selain melakukan pencanangan, pada kesempatan ini Bupati Jombang juga meresmikan 6 Gedung Baru Puskesmas Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Kabupaten Jombang yakni, Puskesmas Bareng, Puskesmas Plandaan, Puskesmas Tambakrejo, Puskesmas Mojowarno, Pukesmas Peterongan, dan Puskesmas Mayangan.

“Dengan adanya vaksinasi ini kita tetap harus menjaga Protokol Kesehatan. Jadi ‘Nuwun Sewu’, istilahnya yaitu, ‘Ojo Sembrono,” kata Bupati Jombang saat memberikan sambutan.

Dikatakan Bupati Jombang, selain dilakukan launching Vaksinasi Sinovac di Puskesmas Tambakrejo, pada hari itu juga dilakukan vaksinasi serentak di 34 Puskesmas se-Kabupaten Jombang, 11 rumah sakit, dan 2 klinik di Kabupaten Jombang.

“Dua klinik ini Klinik Kodim dan Polres (Jombang),” ucap Bupati Jombang.

Selanjutnya sambung Bupati, kegiatan vaksinasi akan dilakukan secara bertahap. Saat ini, jumlah 4000 Vaksin Sinovac yang telah tiba di Jombang dan juga telah didistribusikan tersebut, masih ada kekurangan sekitar 1300 vaksin.

“Yang dibutuhkan adalah 5300, kemudian yang (sudah datang) 4000, masih kurang 1000 sekian, Insya Allah hari ini atau besok akan berangkat,” jelas Bupati Jombang.

Bupati menambahkan, untuk vaksinasi tahap ke-2 akan dilaksanakan bagi anggota TNI dan Polri di Kabupaten Jombang, dan pada tahap berikutnya lagi, baru akan dilaksanakan bagi masyarakat luas. Sehingga diharapkan oleh Bupati, masyarakat Kabupaten Jombang bisa bersabar dan mendukung pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Jombang.

Bupati Mundjidah Wahab juga menyampaikan bahwa, masyarakat tidak perlu khawatir tentang vaksin ini. Dikatakannya, vaksin yang digunakan untuk vaksinasi Covid-19 ini sudah mendapatkan label halal dan aman dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Untuk itu kita sudah tidak ragu lagi, dengan vaksinasi yang akan dilakukan hari ini,” pungkas Bupati Jombang.(rif)

Tags: