Bupati Karna Turun Tangan Perbaiki Jalan Rusak dan Berlubang

Bupati Situbondo, Karna Suswandi dan Kadis PUPR Gatot Siswoyo turun tangan langsung dengan alat berat memperbaiki jalan perkotaan yang rusak Sabtu (6/3). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Banyaknya keluhan dari masyarakat, terutama dari para pengguna jalan raya tentang jalan rusak dan berlubang langsung disikapi serius Bupati Situbondo Karna Suswandi Sabtu sore (6/3).

Pria yang biasa disapa Bung Karna itu langsung turun ke titik rusaknya jalan bersama Kepala Dinas PUPR Kabupaten Situbondo Gatot Siswoyo dan jajarannya. Bahkan Bung Karna ikut memperbaiki dengan mengendarai alat berat selama proses perbaikan jalan di kawasan Jalan Argopuro dan Basuki Rahmat.

Sebelumnya keluhan masyarakat Kota Santri Situbondo banyak diunggah melalui media sosial (medsos). Melihat hal itu Bung Karna tidak tinggal diam dan langsung memerintahkan Dinas PUPR Kabupaten Situbondo untuk melakukan perbaikan dengan tambal sulam.

“Ya melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kami langsung memperbaiki jalan berlubang meski dengan tambal sulam. Terutama kerusakan yang ada di kawasan perkotaan,” ungkap Bung Karna.

Masih kata Bung Karna, kedepan Pemkab Situbondo akan terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan program ‘Pakem’.

Program ini, aku Bung Karna, memiliki makna sebagai pelayanan aktif, kreatif, efektif, efisien dan memuaskan. Sasaran dari program ‘Pakem’ ini, ujar dia, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Situbondo.

“Ini merupakan salah satu prioritas program kami,” tegas mantan Kepala DPUPR Kabupaten Lumajang itu. Bung Karna kembali menjelaskan, warga harus tahu bahwa jalan rusak yang bisa perbaiki hanya di jalur jalan yang masuk Kabupaten.

Khusus jalur jalan Provinsi dan Nasional di sepanjang jalur pantura Situbondo masuk dalam kewenangan pemerintah pusat. Perbaikan itu bisa direalisasikan, akunya, dengan cara mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Jatim dan pusat.

“Untuk itu saya menghimbau kepada warga agar selalu waspada manakala melintas di jalur jalan Pantura Situbondo. Disana masih ada jalan berlubang dan bergelombang. Saat ini tidak semua jalan itu bisa diperbaiki karena terbatasnya anggaran,” tegas Bung Karna.

Disisi lain, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Situbondo Gatot Siswoyo menerangkan, perbaikan jalan dengan tambal sulam dilakukan di kawasan Jalan Basuki Rahmat, Jalan Pemuda, dan Jalan Argopuro.

Selain itu, ujar mantan Kabid Bina Marga DPUPR Kabupaten Situbondo itu, perbaikan selanjutnya akan dilakukan di kawasan Jalan Cendrawasih dan titik titik lain di jalan perkotaan.

“Ya memang benar anggaran yang ada saat ini sangat minim. Untuk itu kami sementara waktu hanya melakukan tambal sulam di titik jalan yang rusak dan berlubang tersebut,” pungkas Gatot Siswoyo. [awi]

Tags: