Bupati Lamongan-Dandim 0812 Tegaskan Warga Patuhi Prokes

Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono dan Bupati Fadeli saat operasi pasar dan menegaskan ke masyarakat pentingnya protokol kesehatan.(Alimun Hakim/Bhirawa).

Lamongan,Bhirawa 
Bupati Fadeli terus menghimbau dan menekankan kepada seluruh masyarakat Lamongan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni memakai masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer. 

Fadeli juga menegaska kepada masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan akan dikenai teguran hingga sanksi tegas.

Hal itu berdasarkan perbup nomor 35 tahun 2020 tentang perubahan atas perbup nomor 28 tahun 2020 tentang pedoman pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019. 

“Dalam status transisi darurat ke pemulihan, pemerintah Kabupaten Lamongan akan berikan teguran berupa lisan atau tulisan, serta sanksi sosial, Pembubaran massa, Penyitaan KTP, hingga Pencabutan izin sesuai kewenangan jika tidak mematuhi protokol kesehatan,”tegas Fadeli,Rabu(9/9). 

Selain penerapan sanksi tegas sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 29, Aparat Penegak Hukum juga dapat melaksanakan kewenangannya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Untuk itulah TNI-Polri terus menggelar iperasi ptotokol kesehatan di Lamongan , utamanya pada kluster pasar. 

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 0812/09 Mantup yang keliling pasar tradisional.Hal tersebut dilakukan guna memutus mata rantai Covid-19 di wilayah Kabupaten Lamongan. 

Anggota Kodim ditataran paling mendasar Babinsa menekankan kepada masyarakat untuk mematuhi Protokol kesehatan selama melakukan aktivitas berbelanja atau jual beli seperti menghindari terjadinya kerumunan, memakai masker dan tidak lupa mencuci tangan pakai sabun.

Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono mengatakan,“Dimasa pandemi ini, kami tidak hanya memastikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat, tapi juga ikut berperan dalam mencegah penyebaran Covid 19 di wilayah binaan,” terang Dandim 

Dandim bilang, “pemantauan pasar tradisional ini, sebagaimana instruksi dari Komando Atas untuk terus memberikan arahan dan himbauan kepada masyarakat.

Bukan hanya itu , masyarakat kita minta menaati aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah tentang pendisiplinan Prokes, menjaga jarak fisik, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer .“Kami rutinitas melakukan patroli di tempat-tempat keramaian, seperti tempat wisata dan pasar-pasar yang ada di wilayah binaan,” katanya. [aha/yit]

Tags: