Bupati Lamongan Sidak BPBD

6-foto A yit-bpbdLamongan, Bhirawa
Sampai dengan Februari 2015 nanti, Bupati Lamongan Fadeli menetapkan siaga darurat di wilayahnya. Itu sesuai dengan arahan yang disampaikan Pemprov Jatim beberapa waktu lalu. Terkait kesiapan tersebut, Fadeli bersama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Yuhronur Efendi melakukan sidak kesiapsiagaan darurat bencana di Kantor BPBD.
Saat di BPBD, Fadeli bersama Yuhronur Efendi yang ditemui Kepala Pelaksana BPBD Suprapto meninjau gambaran peta rawan bencana di Lamongan. Selain itu dia juga mengecek kesiapan sejumlah peralatan dan logislitik di BPBD.
“Meski sampai saat ini di Lamongan belum sampai terjadi situasi darurat, namun kami tetap bersiaga. Karena di awal musim penghujan seperti ini, walaupun curah hujan tidak terlalu tinggi, memiliki potensi kerawanan bencana, ” tutur dia saat di BPBD.
Fadeli menyebutkan sejumlah titik yang rawan banjir, terutama di sepanjang aliran Sungai Bengawan Solo. Seperti di wilayah Babat, Maduran, Laren dan Karanggeneng serta kawasan Bengawan Jero.
Disebutkan olehnya, di Jalan Gotong Royong Kecamatan Babat yang rawan banjir saat hujan, menurut dia jalannya sudah ditinggikan dan saluran drainasenya diperbaiki. Juga sejumlah titik tangggul yang rawan juga sudah dilakukan perbaikan.
Selain itu, pompa berkekuatan 4 ribu liter perdetik di Kuro juga masih disiagakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk menyedot banjir. Meski saat ini kondisi ketinggian airĀ  di kawasan Bengawan Jero malah di posisi -90.
Terpisah, Suprapto menyebutkan, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD yang berkekuatan 40 personil sudah siap bertugas jika ada kondisi darurat yang terjadi. Juga standar operasional prosedur (SOP) tanggap darurat sudah ditetapkan.
“Jika situasi darurat terjadi, dalam SOP tanggap darurat, Bapak Bupati akan menunjuk satu orang sebagai komando yang membawahi lintas sektor. Mulai dari TRC, BPBD, Dinkes, Tim SAR, maupun instansi lainnya, ” jelas dia.
Saat ini, lanjut dia, BPBD memiliki 1 unit perahu karet dan 5 unit perahu speedboat, 1 tenda posko, 1 tenda pleton, 1 tenda regu dan 1 tenda keluarga. Juga ada 2 unit genset, 1 unit water treatment portable, 1 mobil rescue, serta 7 unit gergaji mesin. [yit]

Keterangan Foto : Panaskan mesin kesiagaan, Bupati Fadeli sidak kesiapan BPBD hadapi bencana. [suprayitno/bhirawa]

Rate this article!
Tags: