Bupati Malang Luncurkan Mobil Layanan Kependudukan Program Plat N

Bupati Malang HM Sanusi saat melihat fasilitas dalam mobil layanan program Plat N milik Dispendukcapil Kab Malang, usai diluncurkan di halaman salah satu rumah makan, di wilayah Kec Kepanjen, Kab Malang. [cahyono/Bhirawa]

Kab Malang, Bhirawa
Bupati Malang HM Sanusi luncurkan mobil pelayanan program Plat N milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang. Sedangkan mobil pelayanan yang luncurkan bupati tersebut guna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Malang, yakni untuk melayani kebutuhan administrasi publik.

Sedangkan mobil pelayanan administrasi publik itu, menurut Bupati Malang HM Sanusi, Senin (14/12), usai meluncurkan mobil layanan administrasi publik, di halaman salah satu rumah makan, di wilayah Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, guna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dadalam pelayanan administrasi kependudukan hingga mampu menjangkau ke wilayah pelosok desa yang ada di Kabupaten Malang ini.  

“Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang terus mendukung program Plat N, yang mana leading sektornya Dispendukcapil. Sedangkan Dispendukcapil untuk melayani masyarakat hingga ke pelosok desa telah memiliki dua unit mobil yang dapat dioperasikan untuk membantu proses administrasi masyarakat,” jelasnya.

Sanusi menegaskan, peluncuran mobil ini agar masyarakat dapat merasakan pelayanan yang tepat, cepat dan tanpa bayar alias gratis. Sedangkan layanan masyarakat dengan menggunakan mobil dengan program Plat N, yakni meliputi pengurusan elektornik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) yang rusak atau hilang dan Kartu Identitas Anak (KIA). Sehingga layanan mobil ini, bisa langsung cetak saat berada di desa, namun layanan ini dilakukan bergiliran.

“Dan untuk di wilayah kecamatan sudah kita siapkan anjungan Dukcapil (ADM),

yang setiap saat dapat mencetak e-KTP, Kartu Kelahiran (KK), Akte Kelahiran mapun Akte Kematian,” terangnya.

Untuk saat ini, masih Sanusi terangkan, layanan program Plat N tersebut, teknisnya keliling setiap hari sesuai jadwal yang ditentukan serta kuotanya tergantung permintaan masyarakat. Dan nantinya, mobil layanan program Plat N ada empat, yakni untuk melayani masyarakat di wilayah Malang Utara, Timur, Barat, dan Selatan. Namun untuk sementara ini masih ada dua unit mobil, dan tahun 2021 rencananya akan kita anggarkan untuk pembelian dua unit mobil lagi.

“Layanan masyarakat prgram Plat N, Dispendukcapil akan melayani masyarakat dari pagi hingga pukul 23.00 WIB. Sedangkan pelayanan itu, tidak ada minimal jam kerja. Hal ini tergantung berapa ribu masyarakat yang ada saat itu,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang Shirath Aziez mengatakan, bahwa program Plat N ini telah berlangsung sejak bulan Juli 2020 hingga saat ini masih terus berjalan. Sedangkan pelayanan program Plat N sendiri merupakan aksi pelayanan jemput bola yang dilakukan oleh Dispendukcapil Kabupaten Malang, agar masyarakat tidak perlu bersusah payah untuk mengurus ke Kantor Dispendukcapil maupun ke Kantor kecamatan setempat. 

“Pelayanan program Plat N menggunakan mobil operasional Plat N, yang memberikan pelayanan masyarakat dari satu desa ke desa lainnya. Hal ini membuktikan, bahwa untuk mengurus administrasi kependudukan itu tidak ada susahnya. Karena dapat dilakukan secara drive thru atau layanan dalam mobilseperti yanh kita miliki saat ini,” jelasnya. [cyn]

Tags: