Bupati Maryoto Ajak Santri Taat Jalankan Protokol Kesehatan

Bupati Maryoto Birowo memimpin Apel Hari Santri Nasional dengan mengenakan sarung, Kamis (22/10).

Tulungagung, Bhirawa
Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, mengajak santri di seluruh Kabupaten Tulungagung untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dalam masa pandemi Covid 19 saat ini. Penerapan Prokes diharapkan membuat seluruh santri dan warga Tulungagung tidak terpapar Virus Corona ini.
“Kami mengajak untuk selalu mematuhi Prokes. Yaitu dengan mamakai masker, jaga jarak, sering cuci tangan dengan sabun atau handsanitizer serta tidak bersalaman sehingga kita tidak terpapar Covid 19,” ujar Bupati Maryoto saat memimpin Apel Hari Santri Nasional di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Kamis (22/10).
Bupati menjelaskan, peringatan Hari Santri Nasional tahun ini juga dilaksanakan berbeda dengan tahun sebelumnya akibat pandemi Covid 19 yang belum usai. Jika sebelumnya Apel Hari Santri Nasional diikuti dengan jumlah personel yang relatif banyak, sekarang hanya dihadiri perwakilan santri secara terbatas dan menerapkan Prokes secara ketat.
“Semoga Allah segera mengangkat wabah Covid 19 dari negeri tercinta ini dan kita selalu diberi kekuatan dan kesehatan dalam menghadapi musibah ini,” paparnya.
Bupati Maryoto juga menyampaikan dalam peringatan Hari Santri Nasional juga dicanangkan, agar para generasi penerus dapat meneladani pengorbanan dan perjuangan para santri.
“Singkatnya santri harus siap mengemban amanah kalimatul haq. Berani mengatakan iya terhadap kebenaran, walau semua orang mengatakan tidak. Dan sanggup menyatakan tidak pada kebatilan, walaupun semua orang mengatakan iya,” paparnya lagi.
Mantan Sekda Tulungagung ini meminta pada santri melalui momentum Hari Santri Nasional dapat ditansformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan yang bersinergitas dengan keagamaan.
Disebutkannya, mencintai agama mustahil tanpa berpijak di atas tanah air. Oleh karena itu Islam harus bersanding dengan paham kebangsaan.
Menariknya, saat memimpin Apel Hari Santri Nasional, Bupati Maryoto, mengenakan sarung yang sama yang dikenakan para perwakilan santri saat mengikuti apel. Sarung merupakan salah satu pakaian khas yang biasa dikenakan santri dalam kesehariannya. [wed]

Tags: