Bupati Maryoto Musnahkan Ribuan Botol Miras

Bupati Maryoto Birowo bersama Forkopimda saat melihat pemusnahan ribuan botol miras di halaman Kantor Bupati Tulungagung, Kamis (8/4).

Tulungagung, Bhirawa
Sebanyak 2.570 botol minuman keras dari berbagai jenis dan merk dimusnahkan di halaman Kantor Bupati Tulungagung, Kamis (8/4). Pemusnahan dilakukan dengan menggilas botol-botol miras tersebut dengan kendaraan penumbuk.
Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo ikut dalam pemusnahan miras tersebut bersama anggota Forkopimda Tulungagung menyatakan apresiasinya. Apalagi pemusnahan dilakukan jelang bulan Ramadan di mana warga Tulungagung lebih terkonsentrasi untuk melakukan ibadah.
“Kami selaku pemerintah daerah sangat mendukung sekali kegiatan pemusnahan miras ini. Kajian kepolisain juga sudah menyebut miras merupakan salah satu pemicu dalam perkara kriminal,” ujarnya.
Bupati Maryoto Birowo berharap pula dalam bulan puasa pada awal pekan depan warga Tulungagung dapat memperhatikan dan melaksanakan petunjuk-petunjuk yang sudah disampaikan mMenteri Dalam Negeri, Menteri Agama adan surat edaran dari Gubernur Jatim.
“Itu sebagai pedoman dan juga tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes),” tuturnya.
Selanjutnya, mantan Sekda Tulungagung ini menandaskan selama bulan puasa, ia dan Forkopimda serta TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) Kabupaten Tulungagung akan melakukan pemantauan harga bahan pokok di pasar-pasar tradisional.
“Untuk saat ini belum ada kenaikan harga bahan pokok. Cuma harga cabe yang naik turun,” terangnya.
Sementara itu, Kapolres Tulungagung, AKBP Handono Subiakto, mengungkapkan 2.570 botol miras yang dimusnahkan merupakan hasil Operasi Pekat Semeru pada tahun 2021 ini. Ia pun menyebut dengan pemusnahan miras diharapkan pelaksanaan kegiatan ibadah puasa pada bulan Ramadan mendatang dapat berlangsung kondusif.
“Dari beberapa kejadian kriminalitas pemicunya karena yang bersangkutan mengonsumsi miras. Karena itu, pemusnahan miras ini dilakukan pula jelang bulan puasa,” paparnya.
Adapun 2.570 botol miras itu terdiri dari 1.230 botol miras jenis Ciu, 675 botol miras jenis Arak Bali, 275 botol miras jenis oplosan, 50 botol miras jenis Tomy Stanly, 310 botol miras anggur merah dan 30 botol miras jenis Iceland. [wed]

Tags: