Bupati Mojokerto Hadiri Pemusnahan 4.675 Lembar Surat Suara Pemilu Kelebihan Hitung dan Rusak

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Forkopimda,  Anggota KPU provinsi Jatim  serta Bakesbangpol Nugroho Bhudi Sulistyo di Gudang Bulog Sooko, Selasa (13/2/2024).

Mojokerto, Bhirawa.
Sedikitnya 4.675 lembar surat suara Pemilu 2024 di Kabupaten Mojokerto yang mengalami kelebihan hitung dan rusak, telah dimusnakan oleh KPU dengan dihadiri Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Forkopimda,  Anggota KPU provinsi Jatim  serta Bakesbangpol Nugroho Bhudi Sulistyo di Gudang Bulog Sooko, Selasa (13/2/2024).

Bupati Ikfina dalam keterangannya mengatakan, Pelaksanaan pemusnahan surat suara  merupakan prosedur yang dilakukan oleh KPU apabila terdapat surat suara yang dianggap tidak layak sesuai dengan Peraturan Pemilihan Umum (PKPU) no. 39 Tahun 2019 pasal 54 tentang kategori surat suara rusak dan cacat.

Adapun pada pelaksanaannya, prosesi pemusnahan surat suara rusak dan lebih bisa  secara langsung dikumpulkan dan dibakar. Jelas Ikfina.

Sementara itu  Ketua KPU Kabupaten Mojokerto, Muslim Bukhori juga menjelaskan, untuk pelaksanaan pemusnahan surat suara akan mencangkup surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden hingga surat suara pemilihan DPRD Kabupaten/Kota.

“Saya ingin melaporkan, untuk surat suara yang nanti kita musnahkan, surat suara Pemilih Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 466 lembar, DPR RI sebanyak 508 lembar, DPD RI 598 lembar,  DPRD Provinsi sebanyak  2418 lembar, dan DPRD Kabupaten/Kota sebanyak 685 lembar,” tegasnya.

Pantauan dilapangan, dalam kegiatan pemusnahan surat suara Pemilu 2024 ini. Pertama- tama surat suara dikumpulkan pada drum besi selanjutnya dilakukan pembakaran, bersama   oleh Anggota KPU Provinsi Jawa Timur, Jajaran Forkopimda Kabupaten Mojokerto, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Mojokerto Nugraha Budhi Sulistya, Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto. (min.hel).

Tags: