Bupati Mundjidah Wahab Berharap Koperasi di Jombang Makin Maju dan Profesional

Bupati saat menyerahkan secara simbolis BPUM kepada pelaku usaha mikro di Pendopo Kabupaten Jombang, Selasa (14/09). (arif yulianto/bhirawa).

Jombang, Bhirawa
Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab membuka acara Peningkatan Kapasitas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (P2UKM) melalui Pelatihan Akuntansi Bagi Koperasi di Pendopo Kabupaten Jombang, Selasa (14/09). Melalui kegiatan peningkatan kapasitas ini, Bupati Mundjidah Wahab berharap koperasi-koperasi di Kabupaten Jombang makin maju dan profesional.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas sumberdaya manusia koperasi, sehingga mampu mewujudkan koperasi yang sehat,” ungkap Bupati Jombang.

Pada kegiatan tersebut, Bupati Mundjidah Wahab bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Setdakab Jombang, Ilham Hero Koencoro, serta Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jombang, Muntholip yang diwakili Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jombang, Sri Surjati menyerahkan secara simbolis bantuan BPUM dengan nominal Rp. 1.200.000,- per penerima bantuan.

Sebanyak 116.729 pelaku usaha mikro di Kabupaten mendapatkan bantuan BPUM tahun 2021 ini. Bantuan yang diberikan ini berasal dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia.

Dikatakan Bupati, peran koperasi pada masa pandemi Covid-19 dapat dipandang sebagai pengaman pada proses pemulihan ekonomi nasional, baik dalam hal pertumbuhan ekonomi nasional maupun dalam hal penyerapan tenaga kerja.

Untuk di Kabupaten Jombang kata Bupati, dengan adanya Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Jombang tahun anggaran 2021 yang dialokasikan untuk pendidikan dan pelatihan koperasi di wilayah Kabupaten Jombang, maka untuk meningkatkan kapasitas para pelaku koperasi dan anggotanya yang memiliki usaha mikro di Kabupaten Jombang, maka pada hari tersebut, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jombang, mengadakan beberapa kegiatan dalam rangka peningkatan kapasitas koperasi dan UMKM.

Bupati Mundjidah Wahab saat membuka acara Peningkatan Kapasitas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Selasa (14/09). (arif yulianto/bhirawa).

“Di antara yakni, pelatihan akuntansi bagi koperasi, pelatihan pelaporan pengurus dan pengawas koperasi, dan pelatihan kompetensi bagi koperasi, serta pelatihan khusus untuk mensukseskan target peningkatan kapasitas koperasi,” ujar Bupati Jombang.

Bupati Jombang juga berharap, kegiatan-kegiatan dalam rangka peningkatan sumberdaya manusia koperasi ini bisa berjalan tepat sasaran dan mampu meningkatkan kualitas koperasi di Kabupaten Jombang.

“Meningkatkan SDM koperasi dalam pengelolaan dan menyajikan laporan keuangan yang akurat, dan meningkatkan usaha koperasi sehingga mampu berdaya saing,” tandas Bupati Jombang.(rif)

Tags: