Bupati Mundjidah Wahab Serahkan Bantuan Sarpras pada Pemantapan Desa Mandiri Pangan Desa Made

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab saat menyerahkan bantuan Sarpras dan pemantapan Desa Mandiri Pangan Desa Made, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, Rabu (26/11).

Jombang, Bhirawa.
Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab menyerahkan bantuan sarana dan prasarana (sarpras) pada acara pemantapan Desa Mandiri Pangan Desa Made, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, Rabu (16/11).

Bupati Mundjidah Wahab yang didampingi Wakil Bupati Jombang, Sumrambah, Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat, Ketua Komisi B DPRD Sunardi Yasin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Jombang, Nur Kamalia, Camat Kudu dan Forkopimcam setempat secara simbolis menyerahkan bantuan kepada 8 Balita stunting; bantuan hibah gudang lumbung kepada Kelompok Lumbung Pangan Seger Waras Desa Made, Kecamatan Kudu dan lantai jemur yang diberikan kepada Kelompok Lumbung Pangan Paceklik Grobogan, Desa Karangpakis, Kecamatan Kabuh,. Kabupaten Jombang.

 Peresmian gudang lumbung ditandai dengan pengguntingan pita dan dilanjutkan dengan mengunjungi Warung B2SA di Kantor Desa Made.

Bupati Mundjidah Wahab dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kinerja Dinqs Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Jombang yang telah mendapatkan Juara 1 Award Peduli Ketahanan Pangan tahun 2022 kategori Bidang Diversifikasi Pangan.

Terlebih lagi  Desa Made, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, adalah sebagai pilot project Desa Mandiri Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (Demapan Bisa).

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang, saya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Jombang atas sinergitas  dengan seluruh OPD bersama-sama juga seluruh elemen masyarakat Kabupaten Jombang yang senantiasa terus berinovasi dalam mewujudkan swasembada pangan demi kemakmuran dan kesejahteraan bersama,” kata Bupati Mundjidah Wahab.

Bupati Jombang menyebutkan, sebagai wujud dari kepedulian pemerintah untuk membantu penanganan masalah pangan di Kabupaten Jombang, diserahkan bantuan sarana dan prasarana kepada Desa Made antara lain berupa, bantuan gudang lumbung, isi lumbung, dan timbangan digital.

 “Saya berharap bantuan sarana prasarana ini memberikan manfaat bagi para penerima. Saya juga meminta, agar para penerima bantuan bertanggung jawab secara formal dan material atas penggunaan bantuan yang sudah diterima,” kata Bupati Mundjidah Wahab memberikan pesan.

Sementara itu, Kapolres Jombang AKBP Moh. Nurhidayat dan Ketua Komisi B DPRD Jombang, Sunardi Yasin pada acara tersebut selaku narasumber menyampaikan sosialisasi terkait pemanfaatan/ pertanggungjawaban hibah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Jombang, Nur Kamalia menyampaikan bahwa, dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan dan gizi maka diperlukan pengembangan sub sistem ketersediaan, distribusi, dan konsumsi dengan memanfaatkan sumberdaya setempat secara berkelanjutan.

Untuk meningkatkan ketahanan pangan di daerah, Pemerintah Indonesia mencetuskan Program Desa Mandiri Pangan (Demapan).

“Program Desa Mandiri Pangan ini merupakan program aksi yang bertujuan untuk mengurangi rawan pangan dan gizi melalui pendayagunaan sumberdaya kelembagaan dan kearifan lokal pedesaan,” ujar Nur Kamalia.

Disebutkan Nur Kamalia, tujuan dari Desa Mandiri Pangan ini antara lain untuk meningkatkan ketersediaan pangan dengan memaksimalkan sumber daya yang dimiliki secara berkelanjutan, meningkatkan distribusi dan akses pangan masyarakat, meningkatkan mutu dan keamanan pangan desa, meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat, meningkatkan kualitas penanganan masalah pangan.(rif/adv)

Tags: