Bupati Ponorogo Resmikan Gedung Baru RSUMP

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni dan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Meresmikan Gedung Baru RSUM Ponorogo, Rabu (29/01/2020).

Ponorogo, Bhirawa
Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni resmikan gedung baru Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Ponorogo (RSUMP), Rabu (29/01). Gedung baru yang dinamakan Gedung KH Ahmad Dahlan berfungsi sebagai gedung serba guna.
Dalam peresmian, Haedar Nashir mengatakan semua elemen RSUMP harus bekerja dengan ikhlas untuk melayani masyarakat. “Baik dokter maupun pegawai harus ikhlas dalam bekerja, sehingga dapat membawa kemajuan lahir maupun batin untuk masyarakat Ponorogo pada khususnya,” kata Ketum PP Muhammadiyah.
Sementara itu, Bupati Ipong merasa bersyukur dengan adanya RSUMP. Menurutnya RSUMP dapat membantu Pemkab dalam memberikan fasilitas kesehatan pada warga.
“Dalam hal kesehatan, Pemkab belum dapat menjangkau semua masyarakat. Oleh karena itu, RSUMP sangat membantu. Selama ini, RSUMP memberikan layanan yang prima dan berperan meningkatkan taraf kesehatan masyarakat,” jelas Ipong.
Menurut Direktur RSUMP Ponorogo Dr. Iwan Hartono, dana untuk membangun gedung berasal dari unsur. Pembangunan gedung baru ini diharapkannya mampu meningkatkan pelayanan.
“Total dana yang kami gunakan sekitar 45 Milyar Rupiah. Sumber dana ada tiga yaitu dari pihak rumah sakit, lalu pinjaman dari perbankan, dan dari filantrofi atau infaq. Bupati Ipong termasuk yang memberikan melalui filantrofi. Kami berharap adanya gedung baru ini dapat meningkatkan pelayanan pada masyarakat, baik secara kualitas maupun kuantitas,” terang Iwan Hartono.
“Gedung KH Ahmad Dahlan mempunyai fasilitas ruang pelayanan, laboratorium, radiologi, farmasi, rekam medik. Selain itu jumlah kamar rawat juga bertambah, dari 120 menjadi 150 tempat tidur,” pungkasnya.
Gedung bertingkat lima ini tentu sebuah langkah besar bagi RSUMP, yang dulunya merupakan sebuah balai pengobatan. Kualitas dan kuantitas pelayanan RSUMP tentu diharapkan warga Ponorogo. Dalam KLB DBD tahun lalu, sebagian pasien sempat dirawat di lorong – lorong rumah sakit karena penuhnya kamar rawat inap di rumah sakit Ponorogo. (yan)

Tags: