Bupati Sidoarjo Buka Akses Jalan MAS

SLMSidoarjo, Bhirawa
Pemkab Sidoarjo akhirnya merealisasikan keluhan warga yang kesulitan menuju Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) atau yang lebih dikenal dengan Ground Breeking RAMP 115. Akses jalan sepanjang 1,2 km dengan lebar sekitar 10 meter telah dimulai pengerjaannya.
Pencanangan pekerjaan yang terletak atau tepatnya di exit Tol Waru, Selasa (14/1) kemarin dibuka langsung oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah SH MHum dengan didampingi jajaran Forpimda, Komandan Kodim 0816 Bambang Utomo, serta Kapolres Sidoarjo Anggoro Sukartono, dan Kepala Dinas PU Bina Marga Sidoarjo, Ir Sigit Setyawan.
Usai upacara pencanganan, Sigit Setyawan menjelaskan, kalau pengerjaan ini memerlukan waktu sekitar delapan bulan. Pekerjaan ini murni bekerjasama dengan pihak swasta, yakni PT Surabaya Lingkar Mas (PT SLM). ”Semua biayanya ditanggung perusahaan itu. Sebenarnya jalan ini sudah lama diusulkan, namun selalu terkendala. Akhirnya tahun ini baru bisa direalisaskan,” katanya.
Dengan dibangunnya jalan akses ini semoga para warga yang akan menuju MAS tak kesulitan lagi, dan tak memutar lebih jauh lagi. Sebelumnya warga yang dari arah Waru dan Taman selalu memutar sampai wilayah Sepanjang/Espatindo, cukup jauh. ”Setelah jalan ini selesai dan dibuka akan memerlukan beberapa menit sudah sampai MAS, baik itu yang melewati tol maupun yang jalan bawah,” jelasnya.
Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mengatakan, kalau infrastruktur jalan merupakan sarana utama penunjang pertumbuhan ekonomi. Makanya jalan ini nantinya, diharapkan bisa memacu  terhadap pertumbuhan ekonomi. Saiful Ilah juga berharap dengan dibukannya jalan ini akan bisa menambah peningkatan ekonomi masyarakat Sidoarjo.
Direktur PT SLM, Hendra Wijayanto mengatakan, kalau jalan penghubung itu dibangun bertujuan, kawasan itu akan disulap menjadi sentra bisnis di Surabaya selatan, dengan memerlukan area seluas 18 hektar. Sehingga untuk menjangkau lokasi itu diperlukan akses jalan yang sangat memadai.
”Makanya dengan senang hati PT SLM mau membangun Ram 115,¬† yang juga akan tembus ke Masjid Al Akbar Surabaya itu. Peruntukkannya pun setelah selesai dibangun akan dihibahkan ke Pemkab Sidoarjo untuk mengelola jalan yang difungsikan mengatasi kemacetan dari Sidoarjo menuju Surabaya,” jelas Hendra. [ach]

Keterangan Foto : Kepala Dinas PU Bina Marga saat memberikan penjelasan kepada bupati dan Jajaran Forpimda soal akses menuju Masjid Al Akbar Surabaya. [achmad suprayogi/bhirawa]

Rate this article!
Tags: