Bupati Sidoarjo Janji Naikkan Gaji Bagi Pekerja Sosial

Bupati Sidoarjo dan Kepala Dinas Sosial dan peserta foto bersama-sama usai penutupan Bimtek. [achmad suprayogi/bhirawa]

Pemkab Sidoarjo, Bhirawa
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor berjanji akan menaikkan gaji pegawai pekerja sosial di lingkungan Kabupaten Sidoarjo. Namun data-data kemiskiannya juga harus valid.

Hal tersebut diungkapkan saat penutupan Bimtek Penguatan Kapasitas SDM yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Sidoarjo, pada (31/3) kemarin.

Ia tegaskan, kalau ingin dihargai seseorang wajib meningkatkan kualitas SDM nya, maka seseorang wajib mengupgrade dirinya. Salah satunya dengan mengikuti kegiatan seperti ini.

“Kalau mau dihargai upgrade diri anda, ikut semua peningkatan SDM, pasti sampean dicari orang, karena anda telah berkualitas,” ucapnya.

Gus Muhdlor_sapaan akrabnya juga berpesan kepada tenaga sosial untuk saling bekerjasama. Dimintanya tidak ada ego sektoral antar pekerja sosial yang ada. Keempat lembaga sosial seperti TKSK, SLRT, Pendamping PKH maupun Tagana yang mengikuti kegiatan Bimtek kali ini diminta saling kerjasama.

“Saya harapkan tidak ada ego sektoral, bisa bekerjasama dengan baik keempat lembaga ini untuk bisa mensejahterakan masyarakat Sidoarjo,” pesannya.

Menurutnya berjalan sendiri tidak akan sekuat berjalan bersama. Untuk itu keempat lembaga sosial dapat berjalan beriringan, bahu membahu menciptakan masyarakat Sidoarjo yang lebih sejahtera. “Saya harapkan keempat ini bisa berjalan beriringan, bahu membahu untuk menciptakan Sidoarjo yang lebih sejahtera lagi,” harapnya.

Ia secara khusus meminta kepada tenaga SLRT untuk dapat mensajikan data kemiskinan yang valid. Data kemiskinan selalu di update.

Pasalnya data tersebut sangat penting untuk kesejahteraan sosial. Jangan sampai bantuan sosial tidak tepat sasaran dikarenakan kesalahan data kemiskinan. Untuk itu dirinya akan terus memantau data kemiskinan yang ada.

“Kalau datanya bisa valid dan updateing nya kontinyu, naik gaji janji saya,” ucapnya yang disambut tepuk tangan seluruh pekerja sosial.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo Dr. Tirto Adhi. M.Pd mengatakan Bimtek dilaksanakan mulai kemarin tanggal 30-31 Maret 2021, diikuti sekitar 200 orang dari pekerja sosial dan pegawai Dinas Sosial Sidoarjo.

Dikatakannya kegiatan yang diselenggarakannya bertujuan untuk meningkatkan sinergitas SDM terutama dalam pengolahan data fakir miskin dan penyaluran bantuan sosial.

Melalui sinergitas SDM antar pekerja sosial diharapkan data kemiskinan dapat dipertanggungjawabkan kevalidtannya serta Bansos yang akan disampaikan dapat tepat waktu dan tepat sasaran.

“Selain itu juga untuk meningkatkan kapasitas kinerja atau kompetensi dan integritas pekerja sosial seperti TKSK, SLRT, Pendamping PKH dan Tagana,” katanya. [ach].

Tags: