Bupati Sidoarjo Raih Penghargaan Satya Wira Karya

5-bupati dpt penhargaan-Ach-1Sidoarjo, Bhirawa
Karena telah dinilai telah berhasil mendukung program Kependudukan dan Keluarga Berencana. Bupati Sidoarjo Saiful Illah SH MHum telah mendapatkan penghargaan tanda kehormatan lencana ‘Satya Wira Karya’ (SWK) Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.
Penyematan tanda kehormatan dilakukan Wakil Presiden RI Boediono atas nama Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 21 (14/6) di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya.
Wakil Presiden RI Boediono dalam sambutannya mennyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada para penerima penghargaan, diharapkan akan terus berkomisitmen dalam kepeduliannya mengatasi persoalan kependudukan melalui program KB.
Jadi tanda kehormatan ini diberikan karena dukungan dan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung program Kependudukan dan Keluarga Berencana. Setelah mereka berhasil menekan angka kelahiran, sehingga tercipta keluarga terprogram dan berdampak pada keluarga sejahtera.
Karena hal itu sesuai dengan Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2014, yang mengambil tema ‘Melalui Hari Keluarga Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga Dalam Mewujudkan Indonesia¬† Sejahtera,’ serta mempunyai Motto ‘Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera, Keluarga Masa Depan’.
Sementara Kepala BPM PKB Sidoarjo, Drs Ec M Ali Imron mengatakan, pihaknya terus menyuarakan ke masyarakat tentang keluarga yang harmonis menuju keluarga yang sejahtera. Bahkan langsung terjun kemasyarakat dengan ujungtombak PPKBD (Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa) sebanyak 353 petugas.
Sementara yang turun langsung sebagai relawan atau Sub PPKBD sebanyak 3.672 petugas. Penyuluh KB sebanyak 100 orang, sarananya meliputi klinik KB 100 unit, Polindes 274, Posyandu 1.712, RS 20 dan Puskesmas dan Puskesmas Pembantu sebanyak 82 kantor. Ditambah lagi tenaga provider yang terlatih sebanyak 16 orang dan bidan 636 orang. ”Sehingga kedepan akan memberikan kemudahan pelayanan gratis bagi keluarga Pra Sejahtera dan Keluarga Sejahtera,” katanya.
Kepala Bidang KB dan Keluarga Sejahtera menambahkan, Henny Kristiani, kalau program-progam yang telah dilakukan untuk mendukung Harganas XII itu ada targetnya. Program KB yang ditargetkan mulai dari IUD, MOP, MOW Implat di seluruh 18 kecamatan yang ada di Sidoarjo ini. ”Target-target itu sudah banyak yang berjalan dengan baik, ada yang sudah mencapai sekitar 50%, ada yang lebih sampai 70%,” terang Heny. [ach]

Keterangan Foto : Bupati Saiful Ilah didampingi Kepala BPM PKB Ali Imron dan Bagian Umum Imam Mukri ketika meninjau stan Harganas. [achmad suprayogi/bhirawa]

Tags: