Bupati Tantri Tinjau Pelaksanaan Uji Coba PTM

Bupati Tantri berbincang dengan siswa SDN Kedungdalem 2. [wiwit agus pribadi]

Para Guru dan Wali Siswa Harus Saling Mengingatkan
Probolinggo, Bhirawa
Bupati Probolinggo, Hj P Tantriana Sari SE meninjauan pelaksanaan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Rabu (31/3) kemarin, diantaranya, dilakukan di SDN Kedungdalem 2 Kecamatan Dringu, MTs Negeri 1 Pajarakan dan SMPN 1 Pajarakan. Turut mendampingi Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo, Fathur Rozi dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo, Akhmad Sruji Bakhtiar.
Uji coba PTM dilakukan pada 72 lembaga SD dan 49 lembaga SMP. Sementara untuk lembaga pendidikan dibawah naungan Kemenag Kabupaten Probolinggo, uji coba PTM dilakukan pada tiga lembaga MI, tiga lembaga MTs dan tiga lembaga MA di masing – masing kecamatan, total se-Kabupaten Probolinggo ada 216 lembaga. Meskipun jumlah peserta didik yang masuk hanya 30% dari total satu Rombongan Belajar (Rombel).
Peninjauan diawali di SDN Kedungdalem 2 Kecamatan Dringu. Kemudian dilanjutkan di MTs Negeri 1 Pajarakan dan SMPN 1 Pajarakan. Di MTs Negeri 1 Pajarakan dan SMPN 1 Pajarakan. Kehadiran Bupati Tantri dan rombongan disambut Camat Pajarakan Rachmad Hidayanto, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Pajarakan Dyah Amiyah Lindayani, Kepala Puskesmas Pajarakan dr Maulida Rachmani, serta Kepala Sekolah dan guru.
Bupati Tantri berdialog sambil memberikan semangat kepada para siswa. Bupati juga berkeliling melihat sarana prasarana yang tersedia di sekolah mulai dari sanitasi, tempat cuci tangan hingga toilet. Peninjauan diakhiri dengan pemberian motivasi dan semangat kepada seluruh dewan guru.
“Alhamdulillah, hari ini saya sudah meninjau pelaksanaan uji coba PTM di tiga lembaga sekolah mulai dari SDN Kedungdalem 2 Kecamatan Dringu, MTs Negeri 1 Pajarakan dan SMPN 1 Pajarakan. Secara keseluruhan semua sudah berjalan dengan baik,” kata Bupati Tantri.
Dari hasil peninjauan Bupati Tantri, sekolah sangat semangat menyambut uji coba PTM. Demikian pula para siswa yang mendapatkan giliran masuk semua bersemangat dan merindukan sekolah.
“Karena memang 30% siswa yang diizinkan masuk dan menjadi tugas sekolah untuk mengatur siapa yang harus masuk dahulu, dan siapa yang untuk sementara belajar online di rumah, begitu seterusnya,’ jelasnya.
Menurut Bupati Tantri, seperti sebelum – sebelumnya evaluasi terhadap uji coba PTM ini dilakukan setiap hari, per hari dan per minggu. ”Tentu dari hasil evaluasi hari pertama uji coba, hampir semuanya berjalan dengan baik dan patuh pada ketentuan Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Probolinggo. Kemudian kita tunggu evaluasi yang akan dilakukan diakhir pekan,” terangnya.
Sementara itu, Plt Kepala SDN Kedungdalem 2, Dwi Iriani Kusuma Ningsih menyatakan, uji coba PTM ini disambut dengan baik dan antusias oleh para wali siswa. Para guru pengajar juga sangat bersemangat dengan adanya uji coba PTM ini. Tentunya akan dilakukan evaluasi kembali agar bisa menjadi lebih baik.
“Pada hari Senin sampai Rabu, jumlah siswa sebanyak 30% dari total jumlah dalam satu rombel. Sedangkan hari Kamis untuk program pemahaman dan pengayaan bagi siswa siswi kelas I yang memiliki program dasar belajar dan tidak pernah melakukan proses PTM, serta bagi siswa siswi kelas VI yang akan menghadapi proses ujian,” paparnya.
Disela-sela kunjungan ini, Bupati Tantri yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi memberikan buku tulis kepada para siswa yang sedang mengikuti PTM. [wap]

Tags: