Bupati Trenggalek Beri Bantuan Korban Longsor

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, meninjau langsung lokasi longsor sekaligus menyampaikan bantuan kepada para korban yang merupakan warga RT.15 RW.5 Dusun Banaran Desa Karangtengah.

Longsor di Desa Karangtengah Panggul
Trenggalek, Bhirawa
Cuaca ekstrem yang terjadi belakangan menyebabkan bencana alam di beberapa wilayah di Kabupaten Trenggalek. Curah hujan tinggi mengakibatkan tanah longsor yang merusak tiga rumah warga di Desa Karangtengah Kecamatan Panggul.
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, meninjau langsung lokasi longsor sekaligus menyampaikan bantuan kepada para korban yang merupakan warga RT.15 RW.5 Dusun Banaran Desa Karangtengah.
Tak sekedar datang dan meninjau rumah-rumah yang rusak pada bagian dapurnya, Bupati Nur Arifin yang datang didampingi jajaran dan unsur TNI/Polri juga menyalurkan bantuan kepada para korban. Aksi tersebut disambut antusias masyarakat yang telah menunggu kedatangan rombongan bupati sedari pagi.
“Kita siagakan teman-teman karena sudah beberapa kali kejadian karena di atas memang tanahnya tanah batu yang tidak bisa ditanami, jadi memang longsor ini yang kita bisa ya minta mengantisipasi, kalau hujan jangan sampai lengah,” tutur Bupati saat meninjau lokasi longsor, Sabtu (4/1).
Dari pemetaan itu diketahui kondisi tebing sekitar pemukiman warga setempat memang rawan longsor, bahkan telah beberapa kali terjadi pergerakan tanah. “Karena di atas memang tanahnya tanah batu yang tidak bisa ditanami. Jadi kami imbau warga agar waspada dan mengantisipasi, kalau hujan jangan sampai lengah,” katanya saat meninjau lokasi longsor.
“Tapi kalau dilihat materialnya tidak terlalu parah. Sebenarnya kalau strukturnya dari tembok tidak ada kerusakan yang berarti, cuma tadi ada (kerusakan) bagian belakang karena dapurnya dari anyaman bambu, wajar kalau ambruk, tapi Pemerintah Desa dan warga di sini semua bergotong royong membantu, sekarang fokus pembersihan material,” tambahnya.
Peristiwa tanah longsor itu sendiri terjadi di Dusun Banaran, Desa Karangtengah, Kecamatan Panggul pada Kamis (2/1) sore, sekitar pukul 17.30 WIB. Bencana bermula dari hujan dengan intensitas sedang yang melanda wilayah tersebut sejak pukul 14.00 WIB hingga 18.15 WIB.
Tiga rumah yang tertimpa longsor adalah milik Katimin, Muaji dan Pujianto yang sama-sama mengalami kerusakan (dinding jebol) pada bagian dapur yang ada di belakang rumah. [wek]

Tags: