Bupati Trenggalek Siap Berlakukan Rapor OPD dan Desa

Trenggalek Bhirawa
Berhasil mempertahankan Nilai Rapor Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) BB, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin ingin pemerintahannya berorientasi kinerja.
Orientasi kinerja ini tentunya bertujuan untuk mengefektifkan anggaran, serta mengefektifkan sasaran kinerja sehingga dapat tercapai dengan baik.
“Semoga semakin baik sistem akuntabilitas kinerja pemerintah kita. Semakin berorientasi pada kinerja,” ungkap Bupati Arifin dalam status media sosialnya, Selasa (28/1/2020).
Masih dalam status media sosialnya tersebut, orang nomor satu di Trenggalek ini akan memberlakukan rapor kepada OPD maupun Desa untuk mengevaluasi kinerja mereka.
“Tahun ini kita ingin berlakukan rapor OPD dan rapor desa, bagaimana bisnis proses dan outcome yang dihasilkan apakah benar-benar dirasakan manfaatnya untuk masyarakat,” pesan lain pemimpin muda Trenggalek ini dalam statusnya.
Dalam kesempatan berbeda suami Novita Hardini ini juga menegaskan bawasannya pembangunan harus benar-benar berbasis outcome sehingga bisa dirasakan oleh masyarakat, bukan sekedar membangun tapi tidak bisa dirasakan masyarakat.
Sehingga untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan meningkatkan efektivitas perencanaan dan penganggaran, kemudian menciptakan oranisasi perangkat daerah yang berorientasi kinerja.
“Sekarang ini kita sedang mempersiapkan penerapan e-kinerja, dan juga penerapan e-government yang lebih baik lagi,” pungkasnya. [wek]

Tags: