Bupati Tuban Imbau Inspektorat Profesional

7-foto B hud-Resmikan Kantor Inpektorat 1Tuban, Bhirawa
Bupati Tuban, H. Fathul Huda meminta pejabat inspektorat semakin tegas, profesional dan disiplin dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya setelah fasilitas gedung ?baru dan sarana lain dilengkapi oleh Bupati.  “Inspektorat adalah Polisi, Jaksa dan juga Hakim bagi penegakan disiplin PNS, dengan jumlah yang semakin berkurang dan tidak diizinkan menambah jumlah PNS diperlukan kerja keras, profesional dan disiplin yang tinggi bagi para PNS yang sudah ada sekarang ini,” kata Bupati Huda dalam sambutan peresmian Kantor Inpektorat? Kabupaten Tuban di Jl. Wahidin Sudirohusodo kemarin. (7/1).
Lebih lanjut dalam sambutanya, orang nomor satu di kabupaten tuban ini mengingatkan akan tugas Inspektorat di antaranya melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah, pelaksanaan pembinaan atas penyelenggaraan pemerintahan desa dan pelaksanaan urusan pemerintahan desa, oleh karena itu dalam menghadapi era seperti sekarang ini terutama dengan akan dijalankannya Undang-undang Desa, maka seluruh komponen pengawasan harus benar-benar dijalankan sebaik mungkin.?
“Gedung Inspektorat memang sudah waktunya dibangun, dengan tugas pokok pengawasan sudah selayaknya gedung inspektorat harus memiliki ‘kegagahan’ dan kharismanya, bukan untuk ditakuti tapi dihormati, bukan untuk gagah-gagahan,” pinta Bupati.
Bupati juga mengingatkan akan pentingnya kaderisasi yang harus sudah dimulai dari sekarang agar tercipta pegawai yang siap menjalankan Tugas dengan sebaik-baiknya. “Oleh karena itu, demi mewujudkan pemerintahan yang profesional itu maka kami akan mengambil beberapa langkah seperti akan adanya lelang Jabatan untuk Eselon dua dan juga akan adanya Staf Ahli Bupati, tentunya akan dilakukan seleksi ketat dalam mengisi jabatan ini,” kata Bupati.
Sementara dalam laporannya kepala Inspektorat Kabupaten Tuban, Drs. Agus Priyono Hadi, MM menjelaskan bahwa Gedung Inspektorat memiliki desain dengan banyak kaca sehingga meminimalisir penggunaan listrik untuk lampu penerangan di siang hari.
Gedung yang menelan dana sekitar 3,8 Milyar ini telah menjadi harapan sejak tahun 2011 yang lalu, tetapi karena banyaknya kebutuhan lainnya di APBD Kabupaten Tuban maka anggaran Pembangunan Gedung Ispektorat baru terealisasi tahun 2014.
“Selain gedung Inspektorat, pada kesempatan ini juga di tanda tangani beberapa prasasti pembangunan kegiatan proyek pada APBD tahun 2014 diantaranya gedung Dinas Perikanan dan Kelautan, gedung PDAM, gedung BPPT, gedung Puskesmas Ponco dan gedung pertemuan Graha Wiyata di SMPN 2 Rengel,” kata Agus Priyono Hadi.
Dilaporkan pulan terdapat beberapa proyek lainnya yang belum terselesaikan diantaranya Pembangunan gedung Dinas Perekonomian dan Pariwisata, Sport Centre dan juga sebagian pelunasan lahan pembangunan Jalur Lingkar (Ring Road).
Untuk diketahui, selain Bupati dan Ibu, dalam kegiatan ini hadir Wakil Bupati Tuban, plt. Sekda, Asisten, Kepala SKPD, Pegawai Inspektorat dan juga rekanan serta tetangga Kantor Inspektorat mulai dari Kepala Puskesmas Kota, Kelurahan Sidorejo, RT dan RW serta tokoh masyarakat sekitar Inspektorat. [hud]

Caption Foto ; Istri Bupati Tuban, Ny. Hj. Qodiriyah Fathul Huda disaksikan Bupati Tuban H. Fathul Huda, Wakil Bupati Tuban Ir. H. Noor Nahar Hussain serta kepala inspektorat saat pemotongan pita sebagai tanda peresmian kantor. (khoirul huda/bhirawa)

Tags: