Bupati Tuban Serahkan Hibah Peningkatan Sarpras Tempat Ibadah

Bupati Tuban, H Fathul Huda saat menyerahkan hibah pada Kakankemenag Tuban, Drs. H Sahid, MM di Pendipo Krido Manunggal Tuban.

Tuban, Bhirawa
Bupati Tuban, H. Fathul Huda dan Wabup, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., menyerahkan bantuan hibah peningkatan sarana prasarana (Sarpras) tempat ibadah, TPQ, pondok pesantren dan lembaga kemasyarakatan di Pendapa Krido Manunggal Tuban, Rabu (07/10/2020).

Tampak hadir diantara 201 lembaga menerima hibah yang berasal dari anggaran P-APBD Kabupaten Tuban tahun 2020, adalah Kepala Kantor Kemenag Tuban Sahid, Kabag Kesra Setda Tuban Eko Julianto, dan Ketua MUI Tuban KH. Abdul Matin Djawahir. Pada kesempatan ini, juga dilakukan doa bersama dan istighosah.

Bupati Tuban H. Fathul Huda menyampaikan, Pemkab Tuban bersama kiai dan ulama telah mewujudkan Kabupaten Tuban sebagai Bumi Wali. Sebagai bentuk penerapan slogan tersebut, tercatat angka kerukunan umat beragama di Tuban sebesar 80, berada di atas standar nasional sebesar 70.

Hal tersebut menjadi karakter luhur yang mesti dijaga dan dirawat bersama. Selain itu, Kafilah Tuban Buwi Wali juga memperoleh juara umum MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2019.

Tercatat sampai pertengahan tahun 2020 di Tuban telah bediri 1.130 TPQ, dengan rata rata tiap lembaga memiliki 100 santri. Keberadaan TPQ di tiap desa menjadi upaya untuk mencerdaskan dan membentuk karakter luhur generasi penerus Islami sesuai tuntunan Al-Qur’an.

Bupati Tuban mengapresiasi upaya pengelolaan TPQ yang memanfaatkan hibah dengan maksimal. Hibah yang diberikan hanya menjadi stimulus untuk membangun TPQ. Banyak pengelola yang membangun TPQ lebih dari nilai hibah yang diberikan.

“Bangunannya lebih dari nominal hibah yang diberikan, berkat keikhlasan pengelola dan orang tua santri,” sambungnya. Bupati kelahiran Montong ini mengingatkan, pandemi Covid-19 menjadi pelajaran dari Allah SWT kepada manusia untuk muhasabah diri. Virus Corona menyerang semua lapisan masyarakat, tanpa memandang kelas sosial maupun profesinya.

“Di kabupaten Tuban ada 50 tenaga medis terpapar Covid-19 karenanya harus waspada,” kata Bupati Huda seraya menambahkan, ia mengajak seluruh masyarakat agar memperbanyak dzikir dan doa agar Covid-19 segera sirna.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Tuban, Eko Julianto, menerangkan, total nilai bantuan hibah yang diserahkan mencapai Rp10,3 miliar. Adapun 201 penerima hibah terdiri dari 127 TPQ, 24 Masjid, 20 mushola, 19 pondok pesantren, 12 lembaga, 1 gereja, dan 1 lembaga kementerian.

“Bantuan hibah yang diserahkan kepada Kantor Kemenag Tuban digunakan untuk pembelian alat Rukyatul Hilal dan pembangunan pagar pada Kantor Pelayanan Haji Kabupaten Tuban,” ujar mantan Camat Semanding itu.

Eko Julianto menambahkan, besaran bantuan yang diserahkan kepada tiap penerima minimal Rp25 juta, dan paling banyak Rp100 juta. Sebelum penerima bantuan hibah ditetapkan, Pemkab Tuban melalui Bagian Kesra Setda Tuban terlebih dahulu melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan. “Proses peninjauan dipimpin bapak Bupati Tuban,” terangnya. [hud]

Tags: