Bupati Yes Komitmen Capai Indikator Maksimal untuk Pencegahan Korupsi

Bupati Yuhronur Efendi didampingi Wakil Bupati KH. Abdul Rouf saat penandatanganan komitmen dengan 11 developer dan dilakukan penyerahan PSU (prasarana dan sarana umum). [Alimun Hakim/Bhirawa]

Lamongan, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten Lamongan Berkomitmen bisa mencapai indikator keberhasilan pencegahan korupsi secara maksimal khususnya delapan area intervensi dalam pencegahan korupsi terintegrasi.

Hal tersebut disampaikan Bupati Yuhronue Efendi, saat Koordinasi terkait Program Pencegahan Korupsi Terintegrasi bersama Kepala Satuan Tugas Koordinasi dan Supervisi Direktorat III, Edy Suryanto beserta Tim dan Arief Nurcahyo sebagai Kepala Satuan Tugas Pencegahan Korwil I KPK di Guest House Pemerintah Kabupaten Lamongan.

“Alhamdulillah MCP Kabupaten Lamongan tahun 2020 masuk tiga besar nasional dengan capaian 93.20%, serta nomor satu se Jawa Timur dalam tiga tahun berturut-turut,” ujar Bupati Yuhronur Efendi, Kamis (11/3).

Dijelaskanya, MCP (Monitoring Center For Prevention) memiliki delapan indikator keberhasilan yang meliputi, perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu, aparat pengawas intern pemerintah, manajemen ASN, optimalisasi penerimaan daerah, management aset daerah dan tata kelola dana desa.

“Berdasarkan evaluasi capaian MCP tahun 2020 tersebut, beberapa penekanan terkait indikator yang perlu ditingkatkan adalah penyerahan APBD tepat waktu, sertifikasi aset daerah, penyerahan PSU, peningkatan pajak daerah, database dan penertiban asset,” jelasnya.

Sebagai upaya dan wujud nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam pemenuhan indikator tersebut, pemerintah melakukan penandatanganan komitmen dengan 11 developer dan dilakukan penyerahan PSU (prasarana dan sarana umum).

“Ke depan Pemerintah Kabupaten Lamongan bersama dengan Badan Pertanahan Nasional dan Bank Jatim berkomitmen dalam pencegahan korupsi,” tegasnya.

Pria yang akrab disapa Bupati Yes ini berharap agar seluruh jajaran Kepala Perangkat Daerah terus berupaya dalam memenuhi semua indikator, Meskipun terdapat perubahan-perubahan yang mendasar.

Para perangkat daerah juga harus mendukung program-program yang kaitanya dengan pencegahan korupsi.Pada rapat koordinasi, Edy Suyanto memberikan pengarahan kepada Bupati YES dan Wakil Bupati KH. Abdul Rouf bersama jajaran Kepala Perangkat Daerah sebagai bentuk supervisi. [aha.yit]

Tags: