Call Center 123 PLN Efektif Cegah Percaloan

Jakarta, Bhirawa
Pelanggan listrik di pelosok tanah air, sekarang bisa menikmati kemudahan dan percepatan layanan kelistrikan, lewat “call center 123”. Layanan contact center yang disediakan PLN bagi pelanggan, semuanya “terpusat” pada Contact Center PLN 123. Cara modern yang disuguhkan PLN ini, dimaksudkan sebagai peningkatan integritas pelayanan publik.
“Layanan modern call center 123  memberi kemudahan akses tanpa batas kepada pelanggan. Sejak diresmikan 2 tahun lalu, tepatnya pada 10 Juni 2011, PLN makin mudah dihubungi pelanggan, guna mendapat informasi maupun menyampaikan keluhan. Dengan cara ini, diharapkan calo-calo listrik yang selama ini mencekik pelanggan, bisa musnah,” ujar Deputy Manager Mekanisme Niaga PLN Distribusi Jabar & Banten, Syaifulah Hikmat. Menjawab wartawan yang berkunjung on the spot ke wilayah kerjanya di Bandung.
Lebih jauh Syaiful mengatakan, bila rumah tiba-tiba listriknya padam, pelanggan bisa langsung telepon 123. Atau handpone pakai kode area +123, bisa juga pakai internet. Jika sudah tersambung ke 123, maka petugas PLN, sesegera mungkin akan mena ngani masalahnya. Lewat telepon 123, pelanggan juga bisa minta dengan mudah Penyambungan Baru (PB), Penambahan Daya (PD) dan Penyam bungan Sementara (PS), dengan beaya resmi, tanpa pungutan liar.
“Dengan implementasi layanan contact center 123 secara terpusat, kinerja PLN dalam melayani pelanggan  bisa terkontrol penuh. Melayani 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu membuat pelanggan tak perlu lagi datang ke loket. Lewat call center 123, PLN kini mampu melayani tuntas tanpa tatap,” tandas Syaiful.
Disebutkan, dengan contact center PLN 123, bisa menghilangkan potensi korupsi berupa gratifikasi (pungutan tambahan biaya) oleh petugas. Juga membasmi praktek percaloan, sehing ga integritas layanan PLN terus meningkat. Peningkatan integritas, akan menghantar PLN menuju perusa haan kelas dunia. Ke depan, PLN akan mampu bersaing di pasar global.
Contact Center PLN 123, dibentuk untuk mendukung kelancaran bisnis PLN dari sisi teknologi informasi dan komunikasi. Maka salah satu anak perusahaan PLN yakni PT Indonesia Comnets Plus (ICON+), ditunjuk sebagai pengelolanya. Contact Center PLN 123 merupakan layanan terpusat yang memberi kemudahan akses kepada pelanggan. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang terkait dengan listrik. [ira]

Tags: