Cara Tepat Meraih Hidup Sehat

pola sehatJudul Buku  : Rahasia Pola Makan Sehat
Penulis    : Adi D. Tilong
Penerbit  : Flashbooks
Cetakan  : Desember 2014
Tebal    : 178 Halaman
ISBN    : 978-602-296-055-3
Peresensi  : Ahmad Wiyono
Pengajar dan Pengasuh Rumah Baca “Haidar Pustaka” Pamekasan Madura

Kesehatan itu seperti Uang, kita tidak pernah menyadari nilainya sampai kita kehilangan” (Josh Billigs).
Kata bijak di atas mengisyaratkan betapa sangat pentingnya kesehatan, namun kadang kita lalai dalam merawat kesehatan itu sendiri, shingga hal terburuk pun terjadi dan kita baru sadar bahwa sudah lalai dalam menjaga kesehatan.
Kesehatan manusia pada esensinya merupakan anugerah terbesar dari sang Pencipta, itu sebabnya manusia diharuskan menjaga kesehatannya sebelum datang masa sakit. Itulah makna syukur terhadap kesehatan berupa merawat dan menjaga kesehatan itu sendiri.
Ada banyak cara yang bisa diakukan manusia dalam rangka menjaga dan merawat kesehatannya, diantaranya adalah rajin berolahraga, olah raga akan mampu mengaktifkan seluruh organ tubuh manusia sehingga peredaran darah menjadi lancar.
Sering kita dengar bahwa beberapa sumber penyakit pada mansuia sering terjadi akibat masalah pada peredaran darah, maka sudah seharusnya manusia bisa mengontrol kondisi dan tensi darah agar kesehatannya terus terjaga.
Selain itu, faktor makann juga menjadi perihal penting dalam menjaga kesehatan, apalagi saat ini semakin banyak jenis makanan yang begitu menggiurkan namun belum tentu teruji secara klinis termasuk juga belum terjamin keamanannya untuk kesehatan manusia.
Rahasia Pola makan sehat adalah judul Buku karya Adi D. Tilong yang menawarkan seabrek rahasia pola makan sehat agar manusia bisa merawat kesehatannya dengan baik.
Masyarakat Indonesia rata rata sebagai konsumen nasi, karena masyarakat kita dianggap belum makan jika belum mengkonsumsi nasi itu sendiri, sementara kita tahu lauk nasi begitu beragam dengan segala produk menu yang ditawarkan.
Jika pola makan tidak diatur dengan baik, dapat kita bayangkan betapa dampak buruk terhadap kesehatannya sudah menanti, maka perlu sekali diatur pola maka ideal demi tetap menjaga nilai kesehatan tanpa mengurangi kenimatan makan itu sendiri.
Pola makan idel dalam buku ini diulas dalam tiga model, yaitu makan dua kali sehari, makan tiga kali sehari atau makan lebih dari tiga kali sehari. Masing masing memiliki kelebihan dan kelemahan. Di Indonesia, makan tiga kali sehari sudah menjadi aturan baku bagi mereka yang ingin mendapatkan tubuh yang sehat. Namun ini akan berbeda pada setiap daerah atau Negara yang mempunyai kebiasaan yang berbeda. (Hlm. 15).
Sementara itu, jenis makanan yang sehat belum tentu menghasilkan kesehatan pada tubuh jika dikonsumsi dalam kondisi yang salah. Maka buku ini juga menawarkan  agar manusia bisa makan tepat waktu sehingga bisa menghasilkan kesehatan bagi tubuh manusia.
Diantara manfaat makan tepat waktu adalah menjauhkan dari penyakit magg, menjauhkan anda dari sakit jantung, dapat memberi energy yang lebih saat beraktifitas, menghindarkan anda dari obesitas, dan meningkatkan daya konsentrasi.
Mengapa konsentrasi sangat dibutuhkan ketika bekerja?, sebab, kadang kala konsentrasi menurun ketika seseorang sedang bekerja, misalnya gairah bekerja tiba tiba menghilang dan otak anda juga sulit diajak berfikir. Hal ini jika dibiarkan dapat berbahaya, baik terhadap perusahaan atau instansi tempat anda bekerja maupun teradap diri anda sendiri. Sebab penurunan konsentrasi bisa mengakibatkan menurunnya produktifitas anda dalam bekerja berkurang. (Hlm. 48).
Nah, makan tepat waktu menjadi satu kunci terhadap keberhasilan kerja, Karena makan tepat waktu sangat membantu terhadap peningkatan daya konsentrasi seseorang.
Selain tu, kita sangat dianjurkan untuk memlihih waktu yang tepat untuk melansungkan sarapan pagi, makan siang hingga makan malam. Hal itu menjadi penting Karena tubuh juga memiliki waktu kapan yang pas untuk memerima makanan, utamanya pada organ pencernaan.
Sesuai namanya, sarapan atau makan pagi diakukan pada pagi hari. Adapun waktu yang tepat untuk melakukannya adalah  anatara jam 06.00-10.00 pagi. Idealnya berdasarkan consensus para ahli gizi dan kementerian Kesehatan, sarapan mestinya dilakukan sepagi mungkin, sebelum anda melakukan aktifitas. (Hlm. 58).
Waktu makan siang yang tepat dan paling baik adalah antara jam 12-1 siang. Bagi anda yang bekerja dikantor jam tersebut biasanya adalah waktu istirahat. Waktunya yang sempit mengharuskan anda memanfaatkannya dengan sebaik baiknya. Sebaliknya, anda disarankan untuk tidak makan siang terlalu awal atau terlalu telat. (Hlm. 92).
Waktu makan malam yang paling baik dan sangat disarankan oleh para ahli kesehatan adalah 2-3 jam sebelum anda tidur malam. Dengan aturan ini anda tidak perlu memberikan batasan-batasan sendiri terhadap waktu makan malam anda. (Hlm. 155).
Sungguh jika waktu makan (mulai pagi, siang hingga malam) ini bisa kita lakukan dalam kehidupan kita sehari hari, maka sangat mungkin kesehatan tubuh kita akan terjaga dengan baik. Karena sekali lagi waktu makan yang tepat juga menjadi penentu keehatan tubuh manusia.
Buku ini sangat direkomendasikan bagi anda semua, agar senantiasa bisa merawat keesehatan tubuh dengan menjaga pola makan yang tepat, sehingga selalu sehat, bugar dan sejahtera. Hidup sehat harus dengan pola makan sehat. Semoga.

                                                                                       ——————- *** —————–

Rate this article!
Tags: