CCTV Sangat Efektif Pantau Prokes di Kelas

Kasek SD Muhida sedang memantau kondisi ruang kelas hanya melalui monitor. [achmad suprayogi]

Sidoarjo, Bhirawa
Keberadaan CCTV (Closed Circuit Television) dinilai efektif untuk memantau kondisi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di dalam kelas, apakah penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) di dalam kelas sudah sesuai ketentuan atau belum.
Menurut Kepala SD MUHIDA (Muhamadiyah 1 Sidoarjo), Muh Saiful Rochim, hanya dengan meng ‘klik’ melihat satu monitor TV secara bergantian bisa melihat seluruh kelas yang ada. Bahkan sampai ruang – ruang luar kelas dan halaman sekolah.
“Jadi CCTV ini sangat membantu sekali, bisa untuk memantau kondisi kelas terkait penerapan PTM sangat mudah. Apakah anak – anak berkerumun atau tidak bisa dilihat langsung. Juga memantau kinerja guru, jangan sampai dalam kelas itu tak ada guru sama sekali. Begitu terlihat tidak ada gurunya, saya langsung melakukan koordinasi. Kenapa ruangan itu kosong tidak ada gurunya,” ungkap Saiful Rochim, Rabu (15/9) kemarin.
Melihat kebermanfaatnya sehingga seluruh ruang kelas dipasang CCTV, ada sekitar 60 unit belum termasuk yang di luar kelas. Jumlah siswa sebanyak 1.181 anak dengan penerapan PTM terbatas 50%, maka manfaatnya CCTV sangat terasa sekali. Tidak perlu lagi kontrol keliling ruang kelas cukup ‘klik’ ruang bisa terlihat dengan jelas. [ach]

Tags: