Cegah Bencana Longsor, Gunung Rengganis Ditanami Vetiver

Dandim 0823 Letkol Inf Akhmad Juni Toa bersama Kapolres Situbondo AKBP Sugandi dan Kepala BPBD Priyo Handoko saat penanaman bibit vetiver di Gunung Rengganis Baderan Sumbermalang, Kamis (20/2). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Guna untuk mencegah terjadinya bencana longsor di wilayah Kabupaten Situbondo, Kodim bersama Polres dan BPBD Kabupaten Situbondo mengadakan penanaman ribuan bibit vetiver di pegunungan Rengganis Baderan Sumbermalang Kamis (20/2).
Ikut langsung dalam kegiatan tersebut Komandan Kodim 0823 Situbondo, Letkol Inf Akhmad Juni Toa, Kapolres AKBP Sugandi, Erwin Indra Wijaja (Sekertaris BPBD Propinsi) serta Kepala BPBD Kabupaten Situbondo Priyo Handoko.
Informasi Bhirawa menyebutkan, sedikitnya ratusan pegawai berbagai instansi terkait bersama elemen masyarakat ikut dalam kegiatan penanaman bibit rumput vetiver atau biasa disebut tanaman akar wangi di Gunung Rengganis Desa Baderan Kecamatan Sumbermalang Situbondo.
Dipilihnya lokasi penanaman bibit rumput vetiver di tempat wisata Gunung Rengganis karena wilayah tersebut rawan longsor saat musim penghujan.
“Kami sangat mendukung penanaman bibit vetiver karena memiliki manfaat yang besar saat mencegah tanah longsor,” ujar Dandim Akhmad Juni Toa.
Kata Dandim, program penanaman rumput vetiver merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo yang sudah dicanangkan secara nsional baru baru ini. Semua elemen, lanjut Dandim, termasuk di Kabupaten Situbondo ikut terlibat mendukung dalam suksesnya program yang sangat mulai ini.
“Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu suksesnya program penanaman bibit vetiver di gunung Rengganis Baderan Situbondo ini,” ungkap Dandim.
Sementara itu Kapolres Situbondo AKBP Sugandi, menimpali penanaman sedikitnya 3.000 rumput vetiver merupakan program nasional dalam rangka pencegahan bencana banjir dan tanah longsor di daerah rawan bencana.
Untuk wilayah Situbondo, aku Kapolres Sugandi, sengaja dipilih Desa Baderan Kecamatan Sumbermalang yang cukup lama dikenal sebagi daerah perbukitan dan lereng gunung yang terjal.
“Ini harus kami dukung demi keselamatan bersama,” kupas Kapolres Sugandi.
Kapolres Sugandi menambahkan Polres Situbondo bersama seluruh elemen masyarakat mendukung kegiatan yang digelar Kodim 0823 Situbondo dan Pemkab Situbondo dalam rangka menanggulangi bencana alam. Kegiatan ini berjalan dengan sukses, sebut dia, karena ada sinergi dari semua unsur yang ada di daerah.
“Kami siap mendukung program penanaman rumput vetiver yang merupakan salah satu solusi untuk mencegah terjadinya musibah bencana banjir dan tanah longsor,” terang kapolres Sugandi.
Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Situbondo Priyo Handoko mengatakan, penanaman bibit rumput vetiver merupakan program Pemerintah yang dikhususkan untuk mencegah bencana banjir dan longsor secara nasional termasuk juga di wilayah Kabupaten Situbondo.
Kegiatan penanaman rumput vetiver ini, lanjut mantan Kabag Organisasi Pemkab Situbondo itu, dilaksanakan oleh berbagai elemen masyarakat. Dantaranya Kodim 0823, Polres, Pemda, BPBD Provinsi Jatim dan Kabupaten Situbondo.
“Perwakilan dari Puskesmas, Satpol PP dan masyarakat juga ikut terlibat bersama,” pungkas Prio. [awi]

Tags: