Cegah Covid-19, Bupati Blitar Intrusikan Kades Gunakan Dana Desa

Drs. H Rijanto, MM. [Hartono/Bhirawa

Pemkab Blitar, Bhirawa
Untuk melakukan antisipasi dan pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Desa, Bupati Blitar, Drs. H Rijanto, MM memberikan intruksi kepada Kepala Desa se-Kabupaten Blitar untuk menggunakan Dana Desa.
Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto, MM mengatakan pencegahan Covid-19 ini bisa menggunakan Dana Desa sesuai dengan Surat Edaran (SE) dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Nomor 8 Tahun 2020, dimana telah diintruksikan kepada Kepala Desa (Kades) agar mengubah Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) pada dua fokus utama pemerintah saat ini.
“Diantaranya tentang Desa Tanggap Darurat dan Penegasan Padat Karya Tunai tau PPKT bahwa Dana Desa dapat digunakan untuk penanganan Virus Corona di Desa,” kata Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto, MM.
Lanjut Bupati Rijanto, pihaknya juga langsung mengintruksikan kepada seluruh Camat dan Kepala Desa agar segera menindaklanjuti kebijakan tersebut, namun bilamana mengalami kendala maupun masalah teknis, Bupati Rijanto juga meminta Camat untuk konsultasi dengan Inspektorat supaya maksud dan tujuan mengenai SE Mendes PDTT bisa berjalan tepat sasaran dan optimal.
“Kami juga berharap wabah ini segera berakhir, dan penggunaan anggaran pencegahan Virus Corona ini juga tidal ada masalah kemudian hari,” ujarnya.
Ditambahkan Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Blitar, Dwi Novyanto mengatakan secara teknis pergeseran Dana Desa untuk penanganan Covid-19 cukup merubah Peraturan Kepala Desa (Perkades), dimana prosedurnya mengacu kepada pengelolaan keuangan, yaitu Permendagri nomor 20 tahun 2018, bahwa perubahan rincian APBDes dituangkan didalam Perkades tentang penjabaran APBDes.
“Namun perubahan harus sepengetahuan BPD dan disampaikan secara tertulis kepada Camat untuk diklarifikasi. Baru nanti kalau sudah waktunya APBDes perubahan, bisa dimasukkan perubahan penjabaran yang sudah dilakukan,” terang Dwi Novyanto.
Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, Chandra Purnama juga mengatakan dengan adanya situasi dan kondisi saat ini sudah memasuki kategori darurat, sehingga diperlukan percepatan penanganan terhadap Virus Corona di Desa-Desa Kabupaten Blitar, satu diantaranya dengan menggunakan Dana Desa sesuai dengan petunjuk dan arahan Pemerintah.
“Meski demikian, kami berharap agar pengalokasian penggunaan dananya dilakukan dengan hati-hati dan cermat. Karena setiap penggunaan anggaran wajib disertai pertanggungjawaban meskipun untuk penanganan Virus Corona,” jelas Candra Purnama. [htn]

Tags: