Cegah Kasus Bangkalan, Penumpang Asal Madura Jalani Rapid Tes Massal

Petugas Puskesmas Mangaran saat melakukan vaksin Covid-19 kepada penumpang asal Madura saat tiba di Pelabuhan Kalbut Situbondo, Kamis (10/6). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Setelah sebelumnya melakukan rapit tes kepada seluruh penumpang Kapal Fery jurusan Madura-Jangkar Situbondo, KSOP (Kantor Syahbandar Otorita Pelabuhan) Panarukan kembali melakukan langkah yang sama bagi penumpang tujuan Madura-Pelabuhan Kalbut Mangaran Situbondo, Kamis (10/6). Kegiatan upaya pencegahan penularan penyakit Covid-19 itu merupakan gagasan tiga pilar plus Satgas Kecamatan Mangaran.

Menurut Dina, petugas Puskesmas Mangaran Situbondo, kegiatan rapit tes massal bagi penumpang asal Pulau Madura-Situbondo merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan Bupati dengan jajaran Forkopimda Kabupaten Situbondon sehari sebelumnya.

“Ya ini merupakan perintah Bupati Karna Suswandi bersama jajaran Forkopimda saat mengadakan rapat koordinasi sehari sebelumnya,” jelas Dina.

Masih kata Dina, kegiatan ini diadakan untuk mengantisipasi terjadinya penularan kasus penyebaran Covid di Bangkalan Madura dan mencegah temuan dua penumpang sebelumnya yang reaktif agar tidak menular kepada penumpang yang lain. Seperti diketahui, lanjut Diana, di Pelabuhan Kalbut ada aktivitas penumpang asal Madura yang akan memasuki wilayah Situbondo. “Ya semua menjalani rapid tes antigen. Kalau nanti ada yang positif mereka harus dikarantina, sebelum melakukan tindakan PCR,” papar Dina kemarin.

Terpisah, guna mencegah kasus penyebaran kasus Covid-19 di Madura tidak sampai masuk ke Kota Santri Situbondo, puluhan personil gabungan dari jajaran Mapolsek Jangkar bersama Makoramil Jangkar melaksanakan pengamanan dan pemantauan pelaksanaan rapid tes antigen kepada para penumpang yang baru tiba di Pelabuhan Jangkar Situbondo. Kegiatan ini juga di dukung penuh jajaran Satgas Covid-19 Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo.

Menurut Kapolsek Jangkar AKP Fauzan, rapit tes merupakan upaya pencegahan penularan Covid-19 kepada penumpang kapal Ferry yang tiba di pelabuhan Jangkar. Masih kata Fauzan, pihak otoritas Pelabuhan Jangkar bersama Forpimka dan Puskesmas setempat sangat mendukung pemeriksaan rapid tes antigen kepada para penumpang dari Madura yang tiba di Pelabuhan Jangkar. “Ini agar dapat menekan penyebaran penyakit yang diakibatkan oleh Virus Corona,” kupas AKP Fauzan.

Fauzan kembali mengatakan, pihak pelabuhan Jangkar melakukan pengetatan saat penumpang baru tiba di Pelabuhan Jangkar. Semua penumpang, terang Fauzan, akan dilakukan pemeriksaan rapid tes antigen demi untuk mengantisipasi tidak menularkan virus di lingkungan keluarga di rumah. “Kami juga melakukan imbauan kepada para penumpang agar tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan 5-M. Itu demi untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Situbondo,” pungkas Fauzan. [awi]

Tags: