Cek Kedisiplinan, Kapolres Situbondo Periksa Fungsi Kelengkapan Dinas Polisi

Kapolres AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto saat mengecek kesiapan fungsi kelengkapan dinas personil polisi di Mapolres Situbondo, Selasa (14/5). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa.
Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto secara mendadak melakukan pengecekan kelengkapan dinas personel Polres Situbondo termasuk para perwira hingga Pejabat Utama Polres juga ikut di cek Selasa (14/5).

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto menjelaskan, pemeriksaan itu tidak diagendakan yang tujuannya ingin melihat secara langsung kesiapan performa dan penampilan anggota terutama pada bagian atau fungsi yang langsung berhadapan dengan masyarakat.

‘Kerapian mutlak harus dimiliki seluruh personel Polri serta ASN Polri, karena merupakan bentuk kedisiplinan. Pengecekan ini dilakukan mulai dari kerapian rambut, seragam polisi, kumis, jenggot, hingga sikap tampang,” beber Kapolres Dwi.

Termasuk kelengkapan dinas, lanjut Kapolres Dwi, wajib hukumnya bagi personil Polri untuk selalu membawa semua kelengkapan dinasnya. Kelengkapan yang diperiksa diantaranya Kartu Tanda Anggota (KTA), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Kendaraan dan Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Sebelum mendisiplinkan masyarakat, kita sendiri harus terlebih dahulu disiplin. Kita harus menjadi teladan bagi masyarakat. Kita periksa kelengkapan seluruhnya, termasuk kaos kaki kita periksa,” ungkap perwira dengan pangkat dua melati dipundaknya tersebut.

Lebih lanjut Kapolres Dwi Sumrahadi Rakhmanto menambahkan, selain diwajibkan menjaga kerapihan individu, personel Polres Situbondo dan Polsek juga diwajibkan menjaga kebersihan dan kerapihan lingkungan tempat kerja sesuai dengan ketentuan.

”Pengecekan tentang kebersihan lingkungan juga dilakukan secara berkala. Itu karena kenyamanan bekerja dan kepuasan pelayanan masyarakat salah satunya dapat dinilai dari bersihnya lingkungan kerja,” pungkas Kapolres Dwi.(awi.gat)

Tags: