Cerdaskan Bangsa, Luncurkan Qbaca

Surabaya, Bhirawa
Untuk mencerdaskan anak bangsa, PT Telkom Persero luncurkan program Qbaca. Program Qbaca merupakan program eletronik berisi buku-buku ilmu pengetahuan dan cerita yang dapat diakses lewat internet.
Pernyataan ini disampaikan oleh Executive General Manager Divisi Solution Convenrgence, PT Telkom, Achmad Sugiarto dalam acara workshop Menggagas 1001 Cerita Nusantara’.
Menurutnya, program Qbaca dapat membantu siswa dalam memperoleh banyak informasi dan referensi, hal ini dikarenakan dalam program Qbaca mencakup bentuk informasi cerita rakyat (folklor), asal usul atau sejarah tempat (kota, daerah, bangunan, dsb.), biografi tokoh, asal usul atau sejarah kesenian (musik, tari, perayaan, dsb.), serta juga berbagai kekayaan budaya lainnya. ”Siswa tinggal mencari apa-apa saja yang dibutuhkan dalam program Qbaca, karena konten yang disediakan sangat lengkap,” ujarnya.
Achmad menyatakan, saat ini program Qbaca dirilis di tiga daerah yaitu Medan, Padang dan Surabaya. Rencananya kedepan akan dirilis di di enam kota besar seperti Jogjakarta, Balikpapan, Makassar, Bali, Bandung, dan Jakarta. ”Jadi total kota yang akan kita bidik pada program Qbaca 9 kota,” ujarnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan, pada program Qbaca siswa dapat mengases informasi lewat Android, iOS maupun windows phone. Menurutnya, layanan Android, iOS dan Windows Phone sangat mudah dioperasikan oleh pelajar. ”Saat ini banyak siswa yang mampu mengoperasikan Android, iOS dan  windows phone, sehingga layanan dalam program Qbaca dapat mudah diakses,” jelasnya.
Kedepan Achmad meminta dengan diluncurkannya Qbaca diharapkan ada kerjasama dari para penerbit, penerbit mandiri (self-publisher) sekaligus penulis, pengelola komunitas literasi, pengelola perpustakaan/taman bacaan masyarakat, pengelola lembaga budaya, serta para akademisi untuk berkontribusi nyata dalam penulisan cerita Nusantara. ”Kita butuh banyak pihak dalam penambahan program Qbaca, karena semakin banyak pihak yang terlibat akan semakin baik konten programnya,” jelasnya. [ma]

Rate this article!