Ciptakan Kreativitas Olahan Pangan Bernilai Komersial

Isteri Bupati Situbondo Hj Ummi Kulsum bersama Bupati Dadang Wigiarto didampingi Kadis Ketahanan Pangan Farid Kuntadi saat meresmikan lomba cipta menu B2SA di pendopo Kabupaten. [sawawi/bhirawa]

(DKP Gelar Lomba B2SA, Libatkan PKK/GOW dan KRPL)

Situbondo, Bhirawa
Pemkab Situbondo melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) menggelar lomba cipta menu B2SA (beragam bergizi seimbang dan aman). Kegiatan tersebut diresmikan Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dengan didampingi anggota DPRD Hadi Prianto serta isteri Bupati Hj Ummi Kulsum bersama Plt Ketua PKK Sri Susilowati SE. Kadis Ketahanan Pangan Farid Kuntadi bersama jajaran dan seluruh Camat se-Situbondo juga ikut ambil bagian dalam kegiatan peningkatan kualitas pangan dan gizi masyarakat Kota Santri tersebut.
Menurut Farid Kuntadi, kegiatan ini terealisasi berkat adanya kerja sama antara Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Situbondo bersama TP-PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Kabupaten Situbondo.
Adapun temanya, sebut pria yang juga Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Situbondo itu, yaitu lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dengan berbasis bahan lokal 2019.
“Peserta lomba ini diikuti oleh 17 tim PKK dari 17 Kecamatan se-Situbondo serta 3 tim dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan 7 Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL),” beber Farid Kuntadi dengan didampingi Elok Mufidah.

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto didampingi Kadis Ketahanan Pangan Farid Kuntadi saat meninjau stand peserta lomba cipta menu B2SA di pendopo Kabupaten. [sawawi/bhirawa]

Sementara itu, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto meminta lomba cipta menu B2SA bisa dimaknai secara hakiki oleh semua peserta. Artinya, sebut bupati dua periode itu, tidak hanya sekedar memenuhi realisasi program dinas saja melainkan harus bisa menindaklanjuti hasil dari program kegiatan tersebut.
“Semua hasil lomba cipta menu itu bisa dijadikan sebagai kebiasaan di tengah masyarakat Kota Santri Situbondo. Bahkan bisa dijadikan sebagai menu makanan tahunan, bulanan, mingguan dan menu harian,” beber Bupati Dadang.
Mantan advokat itu menuturkan, ke depan lomba cipta menu B2SA yang digagas Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Situbondo bisa menjadi aneka pilihan ragam menu baru bagi masyarakat Situbondo. Selain itu, ujar Bupati Dadang, dari hasil lomba dapat mewarnai dan memperbanyak khasanah kuliner khas Situbondo.
“Yang paling membanggakan hasil lomba cipta menu itu nanti bisa memenuhi permintaan pasar, seiring dengan program Pemkab Situbondo yakni tahun kunjungan wisata Situbondo 2019. Ini sangat sejalan dengan usaha kita dalam mempopulerkan tahun kunjungan wisata di Situbondo,” terang Bupati Dadang.
Pengamatan Bhirawa, kawasan pendopo disulap menjadi puluhan stand yang didalamnya berisi pajangan hasil karya para TP-PKK yang ada di 17 Kecamatan se-Situbondo. Tak hanya itu, para pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Situbondo juga tampak piawai menyajikan hasil karya aneka menu makanan unggulan. Terakhir ada pajangan yang dipasang tujuh KRPL yang ada di kabupaten Situbondo. Seperti buah terong, cabe, singkong dan aneka produk tanaman ikut dipajang di setiap stand peserta lomba cipta menu B2SA.[awi]

Tags: