Cuaca Buruk, Harga Cabai Meroket di Kota Pasuruan

Salah satu pedagang sayuran di Pasar Besar Kota Pasuruan, Senin (13/1). Penyebab utama naiknya harga cabai karena cuaca buruk yang melanda Pasuruan.

Pasuruan, Bhirawa
Cuaca buruk yang terjadi selama sepekan terakhir ini mulai berdampak terhadap kenaikan harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kota Pasuruan. Komoditas sayuran menjadi salah satu bahan pangan yang harganya ikut melonjak. Bahkan, kenaikan harga barang kebutuhan tersebut mencapai 100 persen.
Berdasarkan pantauan di pasar Besar Kota Pasuruan, harga cabai baik kecil maupun besar mengalami kenaikan dua kali lipat dari harga normal. Saat ini, harga cabai merah besar di tingkat pedagang dijual dengan harga Rp 60.000-65.000 per kilogram dari harga sebelumnya yang hanya Rp 25.000 per kilogram.
Hal serupa juga terjadi pada cabai keriting merah. Dari sebelumnya hanya Rp 30.000 per kilogram, saat ini menjadi Rp 60.000-65.000 per kilogram. “Seminggu ini pelan-pelan mengalami kenaikan. Hingga hari ini, naik sudah 100 persen. Kenaikan ini bisa lebih dari sebelumnya,” ujar Maliah, salah satu pedagang cabai di Pasar Besar Kota Pasuruan, Senin (13/1).[hil]

Tags: