Curah Hujan Tinggi di Jember, Pemasangan Brobjong Paska Banjir Dikebut

Jember, Bhirawa
Intensitas curah hujan masih tinggi, personil gabungan TNI-Polri bersama relewan dan masyarakat mempercepat proses recovery pasca banjir bandang di Desa Klungkung Sukorambi beberapa waktu lalu. Mereka fokus pada
pengerjaan pemasangan bronjong penahan badang jalan sekaligus tanggul kali Jompo.
Koordinator lapangan Kapten Inf Sondah Krisyanto mengatakan, dihari ke sembilan pasca terjadinya bencana banjir difokuskan pada pekerjaan bronjong pada sasaran badan jalan sekaligus tebing sungai sepanjang 56 meter dan tinggi 7 meter.
” Taraf pengerjaan bronjong badan jalan fan tebing sungai kali jompo sudah mencapai 60 persen. Sedang bronjong yang berada dibelakang rumah warga panjang 44 meter dan tinggi 4 meter mencapai 50 persen,” ungkapnya.
Dikatakan oleh Sondah, percepatan pengerjaan bronjong terus dipacu dengan mengerahkan seluruh personil TNI, Polri, karyawan Kebun dan masyarakat dan beberapa alat berat.
“Sehingga pencapaian dapat lebih optimal dan masyarakat dapat segera merasa aman saat terjadi hujan lebat, tidak khawatir longsor susulan,” kata Sondah yang saat ini menjabat Danramil Panti.
P. Yanto salah seorang warga sekitar berharap pengerjaan bronjong untuk penahan longsor badan jalan dan sungai kali jompo dapat segera terselesaikan. Karena dikawatirkan akan terjadi banjir susulan mengingat cuarah hujan lebih tinggi.
” Mudah-mudahan dengan gotong royong bersama bapak tentara dan polisi serta para relawan dan masyarakat, karya bhakti pembuatan bronjongnya dapat segera selesai. Biar masyarakat aman dan tidak was-was lagi,” harapnya.
Sementara, di hari kesembilan pembuatan dan pemasanggan bronjong melibatkan personil dari Kodim 0824 sebanyak 87 personil, Brigif Raider 9/K 30 personil, Yon Armed 8 30 personil, Polres Jember 40 personil, BPBD Jember 10 personil, gabungan Dinas
Pekerjaan Umum Kab Jember dan Prov Jawa Timur 30 personil, Karyawan Perkebunan Kalijompo 30 personil dan, masyarakat.(efi)

Tags: