Dandim 0830/Surabaya Utara Tekankan Babinsa Tanggap Bencana Wilayah

Dandim 0830/SU, Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho memberikan penekanan pada jajaran akan cuaca ekstrem jelang pelaksanaan Pemilu 2024, Rabu (7/2).

Surabaya, Bhirawa.
Dandim 0830/Surabaya Utara, Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho memerintahkan jajaran, khususnya Babinsa agar tanggap bencana di wilayah binaan. Hal itu dilakukan lantaran sebagian wilayah Jawa Timur telah memasuki puncak musim hujan dan menjamin kesiapan pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024.

“Mitigasi bencana dilakukan sebagai langkah antisipatif, salah satunya menyiagakan sumber daya personel. Di tingkat Kecamatan, saya minta Babinsa di tiap-tiap Koramil untuk memantau lokasi rawan bencana,” kata Dandim Surabaya Utara saat briefing bersama Perwira Staf dan Danramil jajaran, Rabu (7/2).

Pamen TNI AD asal Wonosobo ini menjelaskan, informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) menyatakan akan adanya potensi cuaca ekstrem. Seain curah hujan yang tinggi, di beberapa wilayah juga sedang menghadapi angin kencang dikarenakan adanya peralihan musim.

Pihaknua pun mengimbau kepada jajaran agar selalu berhati-hati dan waspada menghadapi cuaca ekstrem. Yang terpenting adalah selalu berkoordinasi dengan stakholder kewilayahan yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Seperti kegiatan bersih-bersih lingkungan yang sering digelar bersama masyarakat.

“Ingat, waspadai pohon-pohon yang usianya sudah tua. Karena berbahaya apabila patah atau tumbang, sehingga menyebabkan kecelakaan dan membawa korban, baik materiil maupun individu,” pesannya.

Mengahadapi pesta demokrasi yang tinggal beberapa hari lagi, Dharmawan mengajak seluruh elemen untuk menciptakan Pemilu damai. Yakni dengan terus memperkuat soliditas dan sinergitas. Serta mempererat silaturahmi antara TNI-Polri yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

“Ikuti dan kawal seluruh tahapan Pemilu, sehingga dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Yang terpenting adalah menciptakan rasa aman dan kondusif di wilayah masing-masing,” pungkasnya. bed

Tags: