Danrem 083/BDJ Dukung Ketahanan Pangan

Foto: ilustrasi

Foto: ilustrasi

Probolinggo, Bhirawa
TNI AD di Probolinggo mendukung penuh program ketahanan pangan yang selama ini sudah di sosialisasikan oleh pemerintah. Salah satu upaya untuk mensukseskan program tersebut, prajurit Danrem 083/Baladhika Jaya melakukan penanaman pohon. Kegiatan ini dilakukan untuk mempelopori peningkatan produktifitas petani.
Komandan  Resort Militer (Danrem) 083/Baladhika Jaya Kolonel Arm Totok Imam S. beserta FKPD Kabupaten Probolinggo menanam aneka pohin di Desa Penambangan Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo.
Kegiatan yang juga di hadiri oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs.H.A Timbul Prihanjoko, dan Wali Kota Probolinggo Hj.Rukmini,SH,MS.i, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Heru Agung Aryandhono beserta jajarannya.
“Saya berharap para Prajurit juga bisa mempelopori upaya-upaya untuk meningkatkan hasil produksi tanaman pangan dan kualitas SDM petani agar bisa mendapatkan hasil maksimal,” tutur Danrem.
Menurut Danrem, dalam mendukung program pemerintah untuk mewujudkan swasembada pangan nasional, berbagai program dan kegiatan terus di laksanakan.”Kami siap terus untuk mendukung program ini, demi melestarikan dan membantu para petani. Semoga keterlibatan TNI ini mampu menjadikan yang terrbaik untuk kita semua.
Lebih lanjut dikatakannya, masalah pendistribusian pupuk kepada petani di kabupaten Probolinggo mendapatkan aperhatikan dari Tni, kami akan terus melakukan pengawasan, TNI yang ada di Probolinggo kami kerahkan, sehingga pupuk didistribusikan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan petani.
Hal ini dikarenakan masalah pendistribusian pupuk telah banyak permainan dan itu perlu diawasi dan dihentikan, pendistribusian pupuk kepada petani perlu dilakukan evaluasi. Dimana selama ini banyak petani keluhkan sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi tersebut. Karena itulah kami ditugaskan pemerintah dalam hal ini Presiden untuk ikut melakukan pengawasan terhadap pupuk bersubsidi tersebut, guna keberhasilan ketahanan pangan, ungkapnya.
Mengenai jumlah yang harus diawasi Totok mengungkapkan, sebagai mana yang sudah diungkapkan pihak dinas Pertanian dan Tanaman Pangan kabupaten Probolinggo, untuk tahun 2015 ini kebutuhan pupuk di kabupaten Probolinggo meningkat sebanyak 6000 ton.
Dimana untuk tahun 2014 kebutuhan pupuk bersubsidi utuk petani kabupaten Probolinggo sebanyak 44.000 ton, sedangkan untuk tahun 2015 sebanyak 50.000 ton. Jumlah tersebut dibagi menjadi 12 bulan, dengan begitu maka akan dapat diketahu di setiap bulannya kebutuhan pupuk petani dan berapa kekurangannya, tambah Totok. [wap]

Tags: