Danrem 084/Bhaskara Jaya Instruksikan Kodim Tanggap Bencana

Danrem 084 BJ, Kolonel Inf Sudaryanto meninjau kesiapan posko siaga bencana milik Kodim 0817 Gresik, Rabu (8,1).

(Pembentukan Posko Siaga Bencana)
Surabaya, Bhirawa
Komandan Korem (Danrem) 084/Bhaskara Jaya (BJ), Kolonel Inf Sudaryanto memastikan kesiapsiagaan anggotanya dalam membantu penanganan bencana hidrometereologi di Jawa Timur. Itu dibuktikan dengan instruksi perbantuan personel Kodim jajaran dan Koramil dalam mengatasi bencana yang terjadi.
“Sesuai instruksi Presiden, kami bersama Polri, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), dan relawan bencana bergabung dalam posko siaga bencana. Dengan posko utamanya di BPBD Jatim,” kata Kolonel Inf Sudaryanto, Rabu (8/1).
Di lingkup Korem, Sudaryanto memerintahkan Kodim jajaran membentuk posko siaga bencana. Dengan tujuan agar bisa memberikan gambaran tentang kondisi di lapangan. Dan harus ada tabel-tabel maupun data-data yang bisa diupdate. Seperti halnya data prakiraan cuaca, alat perlengkapan kebencanaan dan personel yang dilibatkan.
“Saya perintahkan Kodim jajaran membuat posko untuk informasi internal mereka. Dan posko ini akan terus update dan terkoneksi dengan posko-posko yang ada di BPBD, dan juga dengan posko lapangan yang ada di tempat kejadian bencana,” jelasnya.
Jadi, masih kata Sudaryanto, sumber daya yang ada di Kodim harus bisa terinventarisir dengan baik. Karena itu nantinya yang akan bergerak pada saat terjadi bencana. Sehingga personel di Kodim jajaran bisa memanage hal itu dengan baik. Dan penanggulangan bencana itu pun akan bisa diselenggarakan dengan maksimal. “Intinya dengan posko-posko ini kita bisa meminimal korban terdampak bencana. Serta dapat optimal membantu masyarakat dalam mengurangi dampak dari bencana itu,” ungkapnya.
Posko internal Kodim ini, diakui Sudaryanto akan dengan mudah memonitor terus apa yang terjadi di posko lapangan. Baik itu mengenai ketinggian air, kemungkinan evakuasi warga maupun distribusi logistik. Begitu juga untuk kesiapan personel saat terjadi bencana, pihaknya mengaku sudah dibentuk Satga Penanggulangan Bencana, yang didalamnya terdapat unsur TNI, Polri, BPBD, relawan dan elemen masyarakat lain.
Pihaknya pun (kemarin) melakukan apel gelar personel yang ada di Kodim 0817/Gresik. Dan bersifat terpadu seperti halnya di TNI terdapat operasi gabungan terpadu. Karena di dalamnya terdapat unsur militer dan non militer. Kapan pun dibutuhkan, Sudaryanto mengaku seluruh personel jajaran sudah siap.
“Kesiapan ini, baik dari segi personel maupun perlengkapannya sudah siap. Seperti kendaraan-kendaraan yang bisa di medan banjir, maupun perahu karet sudah disiapkan, sehingga pada saat terjadi banjir langsung sigap dan cepat penanganannya,” pungkasnya.[bed]

Tags: