Danrem 084 Bhaskara Jaya – Pemkab Sidoarjo Olah Tanah dan Tanam Padi

Danrem 084 Baskara Jaya bersema-sama melakukan tanam padi di Dsn Rejeni Krembung Sidoarjo. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Keberadaan program swasembada pangan dinilai sangat penting mendapatkan dukungan dari semua pihak. Oleh karena itu, Danrem 084/Bhaskara Jaya bersama-sama dengan Pemerintah Daerah Sidoarjo berkomitmen mendukung kemandirian, kedaulatan dan ketahanan pangan nasional.
Hal tersebut ditegaskan Danrem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Inf Sudaryanto SE dalam acara Gerakan Olah Tanah dan Padi di Dusun Rejeni Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (12/2/20).
“Sebab, saat ini sudah menjadi program prioritas pemerintah. Hasil peningkatan produksi dan keberhasilannya, ditentukan oleh kinerja dan upaya penambahan luas lahan tanam, serta upaya pengendalian lahan pertanian,” ujarnya. Jadi, program ini mampu menghasilkan pokok-pokok kebijakan hingga program-program bidang pertanian dalam rangka pengembangan, peningkatan dan percepatan tanam padi perdana sawah. “Kami juga mengajak seluruh komponen masyarakat agar dapat mencetuskan berbagai inovasi dan kreasi yang bermanfaat. Semua pihak, dapat bekerjasama dalam meningkatkan rasa nasionalisme, serta gotong-royong dalam menyatukan tekad untuk ikut serta mensukseskan swasembada pangan demi pembangunan bersama,”  tegas Sudaryanto.
Sementara itu, mewakili Wakil Bupati Sidoarjo Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Ir. Beni Airlangga mengatakan akan pentingnya pangan bagi masyarakat. Pangan sebagai kebutuhan dasar sehingga perlu dioptimalisasikan. Optimalisasi dalam hasil panen salah satunya dengan percepatan LTT (Luas Tambah Tanam). “Hambatan dan permasalahan harus dijadikan pelajaran kedepannya. Kami harapkan pada petani agar fokus pada peningkatan produktifitas, peningkatan SDM pertanian, mekanisme pertanian yang rendah biaya, bantuan subsidi, optimalisasi LTT, aplikasi tekhnologi yang optimal,” harap Beni Airlangga yang didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Eny Kustianingsih.
Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf M. Iswan Nusi SH juga menegaskan kepada seluruh Babinsa untuk membantu mengoptimalkan percepatan LTT dalam rangka wujudkan program swasembada pangan. “Selain itu optimalisasi penggunaan alsintan yang telah diberikan oleh Pemerintah. Karena Penggunaan alsintan benar mempercepat tanam, meningkatkan luas tambah tanam, meminimalisir losses dan meringankan biaya usaha tani,” tegasnya. [ach]

Tags: