Danrem 084/BJ Fokuskan Latihan Penanggulangan Bencana di Kodim Sidoarjo

Danrem 084/BJ, Brigjen TNI, Herman Hidayat Eko Atmojo memberikan pembekalan kepada peserta latihan penanggulangan bencana alam, Senin (16/11).

Surabaya, Bhirawa
Korem 084/Bhaskara Jaya (BJ) memfokuskan latihan penanggulangan bencana alam (Gulbencal) dipusatkan di wilayah teritorial Korem 084/BJ atau di Kabupaten Sidoarjo. Pembukaan Gulbencal yang dipusatkan di Kodim 0816/Sidoarjo ini dibuka oleh Komandan Korem (Danrem) 084/BJ, Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo, Senin (16/11).

Brigjen TNI, Herman Hidayat Eko Atmojo menjelaskan, Gulbencal ini rencananya akan digelar selama lima hari. Bahkan dalam pelaksanaannya akan melibatkan unsur maupun instansi terkait. Sebab penanggulangan bencana sudah menjadi tugas dan kewajiban aparat TNI dan tertuang dalam operasi militer selain perang atau OMSP.

“Tujuannya latihan ini untuk meningkatkan kewaspadaan serta kesiapan prajurit. Terutama kesiapan Satuan dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam,” jelas Brigjen TNI, Herman Hidayat Eko Atmojo.

Herman menegaskan pada seluruh prajurit jajaran untuk profesional dalam Gulbencal. Menurutnya latihan ini bukan hanya sekedar latihan rutin pada umumnya. Melainkan penanggulangan bencana merupakan bekal bagi setiap instansi ketika dihadapkan pada kondisi nyata.

Pihaknya juga meminta kepada prajurit maupun Satuan jajaran untuk berkoordinasi dengan instansi terkait. Sebab penanggulangan bencana alam tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan perlu adanya komunikasi dan sinergitas dari berbagai macam stakeholder maupun instansi terkait.

“Koordinasi antar institusi, stakeholder dan seluruh elemen masyarakat harus bisa ditingkatkan. Sebab penanggulangan bencana harus dilakukan bersama-sama dan bersinergi,” tegasnya.

Senada, Kepala Seksi Operasi Korem 084/BJ, Kolonel Inf Ryan Hanandi menambahkan, Gulbencal ini melibatkan instansi terkait. Diantaranya seperti personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polri hingga Pemerintah Daerah (Pemda) turut dilibatkan dalam latihan penanggulangan di Makodim Sidoarjo.

“Selama latihan berlangsung, semuanya harus fokus pada tujuan, terutama keselamatan masyarakat,” pungkasnya. [bed]

Tags: