Danrem 084/BJ Tekankan Dandim dan Danramil Jajaran Netral Pilkada

Danrem 084/BJ, Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo memimpin rapat terbatas persiapan Pilkada, Senin (7/9) di Makorem 084/BJ.

Surabaya, Bhirawa
Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Jatim direncanakan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang. Untuk itu, Komandan Korem (Danrem) 084/Bhaskara Jaya (BJ), Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo menginstruksikan para Dandim dan Danramil di wilayah tugasnya untuk bersikap netral dalam Pilkada di Jatim.

Jenderal dengan bintang satu di pundaknya ini menegaskan, netralitas dalam pesta demokrasi menjadi kewajiban bagi prajurit TNI AD. Sebab netralitas bagi prajurir TNI merupakan harga mati. Sehingga tidak boleh dilanggar sedikitpun, dan wajib dilakukan oleh semua satuan di TNI AD.

“Seluruh Dandim dan Danramil beserta jajaran harus netral dalam Pilkada serentak Jatim. Netralitas sudah mendarah daging di dalam tubuh TNI, khususnya TNI AD,” kata Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo dalam rapat terbatas persiapan Pilkada, Senin (7/9) di Makorem 084/BJ.

Herman menambahkan, TNI memiliki peranan penting selama berjalannya Pilkada. Terutama dalam menjaga stabilitas dan kondusifitas wilayah bersama aparat keamanan terkait. Sehingga dapat menciptakan pesta demokrasi yang aman, nyaman dan lancar. Namun tetap pada protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Semuanya on call. Kita stand by, kalau diminta baru kita terjunkan personel untuk mem-back up pengamanan selama berjalannya tahapan di Pilkada Jatim,” tegasnya.

Masih kata Herman, dalam hal pengamanan, personel Korem sifatnya hanya back up Polri. Sehingga suatu saat dibutuhan, pihaknya memastikan seluruh personel Korem beserta jajaran siap untuk mobilitas dalam hal pengamanan.

“Kami hanya bersifat back up personel kepolisian saja. Sehingga suatu saat dibutuhkan, personel kami sudah siap siaga,” pungkasnya. [bed]

Tags: