Dansatkat Koarmada II Tekankan Prajurit Mengurus Kartu KPI/S

Surabaya, Bhirawa
Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Koarmada II, Kolonel Laut (P) Hariyo Purnomo mengimbau seluruh prajurit Koarmada II segera mengurus Kartu Penunjukan Istri/Suami (KPI/S) yang hilang maupun yang belum punya.
Imbauan ini disampaikan Hariyo saat acara ‘Sosialiasai Kartu Penunjukan Istri/Suami (KPI/S)’ di Aula Serban Guna Satkat Koarmada II, Ujung Surabaya, Senin (27/1). Hadir pada sosialisasi ini seluruh perwira staf Satkat, seluruh Dan unsur Satkat serta seluruh prajurit Satkat Koarmada II.
Pada kegiatan sosialisasi, Hariyo mengatakan, bagi prajurit yang belum mempunyai KPI/S atau yang hilang, segera mengurus ulang. Kepengurusan KPI/S ini sesuai dengan Perpang TNI No. 23 tahun 2013.
“Bagi prajurit Koarmada II yang belum mempunyai KPI/S, segera melakukan pengurusan. Sedangkan prajurit yang sudah memegang dan mempunyai KPI/S agar dijaga dan jangan sampai hilang atau rusak,” imbau Kolonel Laut (P) Hariyo Purnomo.
Hariyo menjelaskan, KPI/S adalah Kartu Tanda Anggota yang wajib dimiliki oleh istri maupun suami anggota prajurit. Kepemilikan KPI/S merupakan sesuatu yang penting, terutama dalam urusan penyelesaian administrasi keprajuritan, baik saat masih dinas maupun akan menjalani pensiun serta ahli waris baik itu istri, suami maupun anak.
“Sesuai PP No 36 tahun 1968 Pasal 2 dan 3 menyatakan, yang berhak mendapat pensiun dan tunjangan pensiun yaitu pemegang KPI/S. Dan bagi prajurit yg mengalami kecelakaan dalam kedinasan dan mengalami kecacatan diatur sesuai Perpang TNI No. 23 tahun 2013, tentang tingkat kecacatan dan penggolongannya,” pungkasnya. [bed]

Tags: