Darbe.id Diharapkan Jadi Business Solution Partner bagi Kebutuhan UKM

Strategic Investment & Corporate Planning darbe.id, Mochammad Ilham saat menjelaskan digital platform darbe.id. [achmad tauriq/bhirawa]

Surabaya, Bhirawa
Perkembangan UKM saat ini sangat pesat, namun masih banyak juga UKM yang belum bisa naik kelas (Scale Up) menjadi usaha yang besar dan bisa sampai ke luar negeri. PT Darbe Putra Makmur sebagai pemilik mayoritas saham PT Darmi Bersaudara Tbk telah mengembangkan bisnis barunya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi (digital platform) supaya UKM-UKM dapat naik kelas (scale up) dengan brand darbe.id.
Strategic Investment & Corporate Planning darbe.id, Mochammad Ilham mengungkapkan Darbe.id saat ini adalah digital platform yang menjalankan dan menghubungkan seluruh ekosistem di existing industri Darbe Group dan bisnis UKM sejenisnya.
“Lahir di Kota Pahlawan Surabaya digital platform darbe.id ini ke depan diharapkan mampu menjadi business solution patner bagi kebutuhan UKM yang terverifikasi terutama di bidang finansial maupun non finansial hingga dapat scale up the business & bring up to success,” terangnya, Kamis (16/1).
Ilham menambahkan diharapkan dengan keberadaan darbe.id ini mampu membawa angin segar bagi UKM, yang saat ini sering mengalami kesulitan-kesulitan baik dari sisi permodalan maupun tata kelola perusahaan yang baik.
“Didukung oleh professional-profesional yang berkompeten dibidangnya dan pengalaman dalam pengembangan bisnis UKM, darbe.id kedepan siap masuk di pasar usaha di industri jasa keuangan berbasis teknologi informasi (financial technology) dan berkontribusi untuk menguatkan UKM di Indonesia,” jelasnya.
Sementar itu Ilham menceritakan awal terwujudnya digital platform darbe.id berawal di tahun 1998 dari bisnis keluarga di bidang kayu, lalu berhasil menembus ekspor dan empat tahun kemudian di pasar Asia dan Eropa.
Namun UKM ini terus berinovasi dan berprogres, tidak berhenti sampai disini. Perkembangan berikutnya pada tahun 2008 melakukan diversifikasi usaha dengan menjajaki bisnis di bidang peternakan ayam potong, yang hingga di tahun 2010 melembagakan bisnis ke dalam sebuah PT yaitu PT Darmi Bersaudara.
Progres bisnis, step by step terus melangkah dengan pasti hingga di tahun 2019 perusahaan ini berhasil melakukan Penawaran Umum Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia untuk PT Darmi Bersaudara Tbk sebagai puncaknya.
Dan pengalaman membangun UKM hingga berhasil menjadi perusahaan Tbk ini, tentu bukan hal mudah. Terutama dalam hal pendanaan, yang merupakan faktor utama dan sering menjadi kendala dalam mengembangkan usaha UKM. Hal inilah membuat PT Darmi Bersaudara membuktikannya, sebagai ‘UKM pertama di Jawa Timur’ yang berhasil menjadi PerusahanTerbuka.[riq]

Tags: