Data Valid, DPRD Kabupaten Blitar Berharap Bantuan Covid-19 Merata

Sugeng Suroso

Kabupaten Blitar, Bhirawa
Memiliki berbagai sumber Bantuan Sosial (Bansos) bagi warga terdampak Virus Corona (COVID-19), Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar berharap semua bantuan yang diberikan bisa merata dan tepat sasaran.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar, Sugeng Suroso mengatakan, sesuai penjelasan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, setidaknya ada tujuh bantuan sosial bagi warga terdampak Covid-19.
“Sehingga dengan berbagai sumber Bansos tersebut, kami berharap bisa merata kesemua warga terdampak,” kata Sugeng Suroso.
Lanjut Sugeng, sebanyak tujuh sumber Bantuan Sosial tersebut diantaranya Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), tambahan BPNT bagi warga terdampak Covid-19, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kemensos, BLT Dana Desa, bantuan sosial sembako dari Pemerintah Daerah, serta bantuan dari Provinsi.
“Dengan verifikasi dan validasi yang tepat, diyakini semua warga yang terdampak bisa menerimanya. Untuk itu, data penerima harus akurat dan terus diupdate,” jelasnya.
Selain itu dikatakan Sugeng, untuk update data menurutnya sangat penting dilakukan, karena dengan keterbatasan anggaran yang ada, maka bantuan sosial bisa disalurkan kepada warga yang benar-benar berhak menerima.
“Kuncinya berada di tingkat RT/RW dan pihak Desa, karena perangkat paling bawah ini sangat tahu kondisi masyarakatnya, apakah benar-benar mampu atau tidak,” ujarnya.
Secara terpisah Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto MM mengatakan adanya berbagai Bansos ini diharapkan bisa membantu masyarakat Kabupaten Blitar yang kini terdampak COVID-19 karena sudah tidak memiliki pekerjaan, usahanya sepi dan sebagainya. Bahkan untuk penyalurannya secara tegas juga meminta data Bansos tersebut benar-benar valid agar Bansos yang diberikan bisa tepat sasaran.
“Sebelum Bansos disampaikan langsung kepada masyarakat, semua sudah melalui tahapan verifikasi, dan kami juga sudah meminta untuk cek ulang jangan sampai ada yang ganda atau keliru data,” kata Bupati Rijanto.
Tambah Bupati Rijanto, seperti adanya Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa terhitung mulai bulan April, Mei dan Juni yang nominalnya sebesar Rp 600 ribu, ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Bahkan pihaknya juga berpesan kepada masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik, terutama dipergunakan untuk mencukupi kebutuhan pokok maupun memperbaiki gizi di tengah penyebaran Virus Corona.
“Dengan adanya bantuan tunai jangan mudah dihabiskan untuk kepentingan yang tidak jelas, seperti baju lebaran dan sebagainya. Sebaiknya disimpang dulu dan dipakai untuk hal yang mendesak utamanya untuk kebutuhan hidup,” pungkasnya. [htn]

Tags: