Dekatkan Layananan Masyarakat, Bupati Sidoarjo Resmikan Puskesmas Sidodadi

Bupati Sidoarjo sedang meninjau kondisi Puskesmas usai pemotongan rangkaian bunga. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Puskesmas Sidodadi, Kecamatan Candi, Sidoarjo akhirnya diresmikan Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor), didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Sidoarjo dan Ketua Dewan dan Anggota Dewan Sidoarjo, serta jajaran terkait pada Selasa (23/3) kemarin.

Prosesi peresmian layanan mendekatkan kepada masyarakat ini ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti langsung oleh Bupati Sidoarjo.

Pembangunan Puskesmas Sidodadi ini, merupakan proyek Tahun 2019 lalu. Proyek ini, sebelumnya saat pembangunan sempat disidak Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah lantaran pekerjannya molor alias tidak selesai tepat waktu. Sehingga kali ini bisa diresmikan oleh Bupati Sidoarjo yang baru. “Puskesmas Sidodadi merupakan Puskesmas dengan tipe B atau Puskesmas Pembantu. Sejak dibukanya Puskesmas Sidodadi ini Kecamatan Candi telah memiliki dua Puskesmas,” jelas Gus Muhdlor.

Lanjutnya, bedanya Puskesmas Sidodadi tidak melayani rawat inap. Akan tetapi hanya melayani rawat jalan saja. Luas Puskesmas Sidodadi 1.450 meter persegi dengan kemampuan memberikan pelayanan 8 desa se Kecamatan Candi. “Kami berharap dengan adanya Puskesmas Pembantu ini akan mempercepat pelayanan kesehatan untuk warga Candi wilayah barat,” tegasnya.

Sementara berdasarkan datanya, lanjut Gus Muhdlor Puskesmas Sidodadi termasuk puskesmas perkotaan non rawat inap. Puskesmas ini dalam waktu dekat akan bekerjasama dengan BPJS. “Kami berharap Puskesmas ini bisa memberi pelayanan pada 8 desa sekitar agar lebih cepat,” tandasnya. [ach]

Tags: