Deklarasikan NUway Bondowoso, Dekatkan NU pada Generasi Melenial

NUway yang digagas oleh Drs H. Amin Said Husni, Bupati Bondowoso periode 2008-2018.

Bondowoso, Bhirawa
Aktivis muda Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Bondowoso melakukan deklarasi membentuk perkumpulan yang diberi nama NUway, Sabtu malam (27/2). Hal itu adalah upaya untuk lebih mendekatkan NU pada anak-anak milenial.

NUway sendiri digagas oleh mantan Bupati Bondowoso periode 2008-2018, Drs H. Amin Said Husni, bersama para aktivis pemuda NU Bondowoso yang aktif di berbagai organisasi Banom NU (IPNU-IPPNU, PMII, GP Ansor, dan Fatayat NU).

Bersamaan dengan peringatan Harlah NU ke-98 melalui zoom meeting. Soft launching NUway digelar secara virtual yang turut diikuti oleh ketua IKA PMII Jatim ini, ada Dr. Moh. Syaeful Bahar (dosen pascasarjana UIN Sunan Ampel), Yatimul Ainun (Gus Ainun, Pemimpin Redaksi Times Indonesia), dan beberapa aktivis muda lainnya.

NUway adalah suatu komunitas yang berkomitmen untuk ikut aktif dalam merawat, melestarikan dan mengembangkan pemikiran, tradisi, dan budaya yang selama ini diikuti dan dipraktikkan oleh nahdliyin (sebutan untuk warga NU), dan telah menjadi ‘cara hidup’ yang diwariskan secara turun temurun.

“NUway akan fokus pada upaya untuk lebih mendekatkan NU pada anak-anak milenial melalui berbagai platform media sosial,” ungkap Drs H. Amin Said Husni.

Gus Amin menjelaskan, bahwa NUway diambil dari NU way of life. “NU itu bukan cuma organisasi, tapi juga way of life yang harus dihayati oleh anak-anak milenial NU,” jelasnya.

Sementara itu, Yatimul Ainun yang juga Koordinator AMSI ini, mengatakan NUway akan memproduksi konten-konten NU dengan tampilan yang kekinian, dan disebarkan melalui berbagai platform medsos.

“NU harus tampil lebih menarik, terutama bagi kalangan milenial yang saat ini makin populer,” terang Gus Ainun.

Pada kesempatan itu, Dr. Moh. Syaeful Bahar memberikan ‘bocoran informasi’, bahwa saat ini NUway sedang menyiapkan paket Ramadhan.

“Namanya Ramadanial, ramadhannya anak milenial,”ujarnya.

Menurutnya, beberapa program lainnya masih digodok oleh tim kreatif NUway, yakni antara lain seperti Pesantren Digital, dan NUway TV yang akan tayang melalui youtube channel.

“Semoga dengan NUway ini NU semakin dicintai oleh kaum milenial dan semakin menambah kreatifitas pemuda milenial untuk terus berkhidmat pada NU,” tandasnya. [san]

Tags: