Dekranasda Optimalkan Digital Marketing bagi UMKM

Ketua Dekranasda Kota Surabaya, Rini Indriyani menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Dekranas ke-41 di rumah dinas wali kota Surabaya.

Surabaya, Bhirawa
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya, Rini Indriyani menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Dekranas ke-41. Acara yang digelar secara virtual itu, diikuti oleh seluruh pengurus Dekranas yang dipimpin oleh Ketua Umum, Wury Ma’ruf Amin.

Dari Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sedap Malam Surabaya, istri dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi didampingi istri Wakil Wali Kota Surabaya Armuji bernama Iswahyurini itu, terlihat antusias mengikuti pertemuan daring tersebut. Awalnya, acara di buka dengan pemutaran video ucapan selamat dari berbagai pihak atas bertambahnya angka usia Dekranas ke-41.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Wury Ma’ruf Amin berterima kasih kepada seluruh pengurus atas kerja keras dan usaha sehingga dapat mencapai usia ke-41. Selain itu, dalam sambutannya, dia menyebut, perayaan Dekranas tahun 2021 ini mengusung tema Perajin Sehat, Perajin Hebat Indonesia Maju. Mengingat kondisi saat ini perajin UMKM tengah berjuang di masa pandemi Covid-19.

“Tema ini diharapkan dapat selalu menjadi wadah dalam melakukan pembinaan dan penerapan protokol kesehatan (prokes) terhadap perlaku usaha. Tujuannya agar sama-sama kita memulihkan ekonomi dan segera bangkit dari pandemi,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya, Rini Indriyani menjelaskan selaras dengan itu, yang menjadi fokus saat ini ada dua poin yakni kesehatan dan ekonomi. Selain itu, dia akan all out membantu para pelaku UMKM dalam membranding hingga memasarkan produknya. “Kita bantu untuk digital marketing untuk mempromosikan. Artinya kita terus bangkitkan UMKM. Seperti yang menjadi fokus bapak wali kota,” kata Rini Indriyani.

Dia menegaskan, pada masa pandemi seperti sekarang ini para pelaku UMKM harus lebih gencar dalam melaksanakan promosi digital. Terutama para pelaku UMKM rumahan yang belum mekasimalkan peran media sosial. Oleh sebab itu, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pengurus sebelumnya untuk segera menjalankan program-program yang telah dirancang. “Misalnya suatu produk kelihatan menarik kalau kita foto dan video dan lainnya. Produknya apapun. Digital marketing perlu ditekankann,” papar dia.

Saat ini, Rini – sapaan akrab Rini Indriyani sedang menyusun kepengurusan baru yang nantinya akan bekerja bersama membangkitkan ekonomi masyarakat. Bahkan, di momen itu, ia juga memastikan tengah merancang program untuk menyiapkan pelatihan pengembangan produk yang dimiliki tiap-tiap kecamatan. “Seperti misalnya wilayah Kenjeran, nanti kita kembangkan produknya itu dengan kreasi yang semakin beragam. Lalu mencari potensi apa yang ada,” ungkapnya.[iib]

Tags: