Delapan Kepala Lemhanas Asing Belajar ke Jatim

2-lemhanasPemprov Jatim, Bhirawa
Pesona Jatim menjadi daya tarik pejabat tinggi negara-negara sahabat untuk berdatangan, tak terkecuali pejabat Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) asing. Selama tiga hari, delapan kepala Lemhanas asing itu berkunjung ke Jatim mendatangi tempat-tempat yang dianggap memiliki kelebihan.
Kedelapan kepala Lemhanas asing itu yakni, Brigjen Dato Tengku Ahmad Nur Bin Tuan Chik dari Malaysia, Brigjen Dharsana Hettirachchi dari Srilangka, Kolonel Dahah Mohammed dari Algeria, Kolonel Saw Myinf Xo dari Myanmar, Kapten Emmanuel Sneh dari Liberia, Kapten Kalin Youngrof dari Timor Leste, Kapten Donciano Rosario Gomes dari Thailand dan Civilian Edmore Shibaya dari Zimbabwe.
Sebelum berkeliling ke beberapa daerah, delapan Kepala Lemhanas itu bertemu Wakil Gubernur Jatim Drs H Saifullah Yusuf di ruang kerjanya, Senin (16/6). Mereka diantar sejumlah pimpinan Lemhanas seperti Njaju Jenny, Marsda TNI Sjahrul Ansory, Laksamana TNI  Petrus Padmanjo dan Kolonel Imam Mahsun.
“Mereka memang ada program untuk mengunjungi beberapa negara. Pesertanya cukup bagus. Ini menunjukkan Lemhanas punya kualitas,” kata Gus Ipul-sapaan lekat Saifullah Yusuf, usai pertemuan.
Beberapa daerah yang dikunjungi delapan Kepala Lemhanas luar negeri itu, Surabaya, Bangkalan, Mojokerto dan Sidoarjo. Daerah pertama kali yang dikunjungi adalah Bangkalan, Madura. Tempat pertama kali yang dikunjungi adalah Komandi Armada Timur (Koarmatim).
Dari Armatim, rombongan melanjutkan perjalanan ke Bangkalan. Di Bangkalan, rombongan bertemu Bupati Bangkalan, Makmun Ibnu Fuad dan mengunjungi Trisna Art Bangkalan. Dari Bangkalan, rombongan melanjutkan kunjungannya ke Mojokerto, Selasa (17/6).
Di Mojokerto, rombongan bertemu Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa dan mengunjungi museum Majapahit. Kemudian, rombongan melanjutkan perjalanan ke Sidoarjo, Rabu (18/6). Di Sidoarjo, mereka mengunjungi musem Mpu Tantular, Lumpur Lapindo dan pusat kerajinan Tanggulangin.
Kunjungan diakhiri ke Surabaya dengan bertemu Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan mengunjungi Museum House Sampaoerna. “Mereka datang kesini, supaya lebih kenal Indonesia, khususnya Jawa Timur, dan akhirnya menghargai persahabatan,” tambah Gus Ipul.
Secara terus terang, Gus Ipul mengaku kedatangan para pejabat tinggi Lemhanas 8 negara itu bermanfaat bagi Jatim. Bisa memperkenalkan berbagai budaya dan pusat kerajinan tradisional. “Kita sampaikan di Jatim ada makam 9 wali, situs kerajaan Majapahit dan sentra industri,” tuturnya. [ iib]

Keterangan Foto : Wakil Gubernur Jatim Drs H Saifullah Yusuf saat menerima delapan kepala Lemhanas dari negara-negara sahabat, di ruang kerjanya kemarin.

Tags: