Delapan Tahun Pemkab Mojokerto Pertahankan Opini WTP Atas LKPD

Bupati Ikfina saat menerima buku Opini WTP dari BPK.

Pemkab Mojokerto, Bhirawa
Setelah diterimanya Opini WTP Atas LKPD tahun 2021. Kini genap sudah 8 tahun berturut turut sejak tahun 2014 Pemkab. Mojokerto berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas laporan Keuangan Daerah dari BPK RI.

Opini WTP atas LKPD tahun 2021 ini diterimakan langsung kepada Bupati Mojokerto. Ikfina Fahmawati oleh Kepala Perwakilan BPK-RI. Jawa Timur Sigit Pratama Yudha di Gedung Perwakilan BPK-RI Perwakilan Jatim di Sidoarja Selasa (17/5).

LHP yang diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK-RI Jawa Timur Sigit Pratama Yudha, ini merupakan bentuk apresiasi BPK RI terhadap kinerja keuangan Pemerintah Kabupaten Mojokerto dan diwujudkan dengan memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPD tahun anggaran 2021.

Kepala Perwakilan BPK-RI Jawa Timur, Sigit Pratama Yudha mengatakan, opini yang diberikan BPK merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran penyajian laporan keuangan. Bukan merupakan jaminan bahwa laporan keuangan yang disajikan oleh pemerintah sudah terbebas dari adanya fraud atau tindakan kecurangan lainnya.

“Kami berharap raihan opini WTP ini dapat terus dipertahankan di masa mendatang, serta dapat mendorong jajaran pemerintah daerah untuk meningkatkan tata kelola keuangan pemerintah yang transparan dan akuntabel, sehingga opini WTP dapat diikuti dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya mewakili Ketua BPK-RI Perwakilan Jawa Timur.

Sementara itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen baik dari sisi pemerintah maupun masyarakat, yang telah bersama-sama mendukung Pemerintah Kabupaten Mojokerto dalam melakukan pengelolaan keuangan negara dengan penuh tanggung jawab.

Terima kasih kepada semua elemen yang telah mendukung kami (Pemerintah Kabupaten Mojokerto) dalam melakukan pengelolaan keuangan negara dengan penuh rasa tanggung jawab. Semoga semuanya bisa kita pertanggungjawaban dengan baik, sehingga kita akan mendapatkan opini WTP kembali di tahun depan seperti yang kita harapkan,” harapnya. [min.dre]

Tags: