Delegasi UM Juara 5 Besar di Pimnas 2023

Malang, Bhirawa
Kabar menggembirakan datang dari Bandung, Jawa Barat di ajang kompetesi mahasiswa. Di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), delegasi Universitas Negeri Malang (UM) menjadi juara 5 besar dalam forum nasional bergengsi ini. Dalam beberapa tahun terakhir, delegasi Universitas Negeri Malang berhasil menggaet hasil bagus, mengalahkan beberapa kampus ternama di Jawa Timur.

Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UM Dr.Heny Kusdiyanti, S.Pd. M.M, mengungkapkan bahwa prestasi ini merupakan kerja keras semua pihak dan kekompakan tim. “Pentingnya kekompakan tim yang mampu membangkitkan motivasi untuk berkembang dan berprestasi, ditunjang dengan kolaborasi tim kerjasama antara PKM Center dengan tim peserta PIMNAS yang solid sehingga mampu membentuk pola pembinaan yang terstruktur,” ungkapnya, dalam rilis yang diterima Bhirawa, Selasa (5/12/2023).

Selain itu, Heny Kusdiyanti juga menyampaikan bahwa delegasi dari UM membawa mental juara dan berhasil menjaga marwah kampus. “Ada komitmen bersama bahwa PIMNAS ini merupakan ajang untuk mengembangkan marwah UM menjadi lebih baik dan maju. Selain itu, kunci kesuksesan juga terletak pada peran pimpinan yang memberikan fasilitas dan dukungan luar biasa kepada mahasiswa yang memiliki kesempatan untuk melakukan pola pembinaan dalam satu tahun ini,” jelasnya.

Dalam puncak penutupan perhelatan PIMNAS ke-36 digelar di Lapangan Pusat Pelayanan Basic Science Kampus Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Tim Juri mengumumkan para juara ajang PIMNAS ke-36. Universitas Negeri Malang (UM) sukses menorehkan sejarah dengan meraih predikat juara umum ke lima pada PIMNAS ke-36 tahun 2023. Prestasi cemerlang ini menjadi bukti nyata dedikasi, kerja keras, dan bakat mahasiswa UM yang tidak terbantahkan.

Tim juri mengumumkan pemenang Lomba Presentasi dan Lomba Poster pada Pimnas ke-36. Lomba presentasi berkompetisi untuk meraih Juara Favorit, Medali Perunggu, Medali Perak, dan Medali Emas dari setiap kelas Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Sementara Lomba Poster bersaing untuk mendapatkan penghargaan Medali Perunggu, Medali Perak, dan Medali Emas. Selain itu, dalam acara tersebut juga diumumkan penerima Penghargaan Mahasiswa Bertalenta sebagai penghargaan baru yang diperkenalkan pada tahun ini.

Berdasarkan keputusan juri, UM berhasil meraih sebanyak 18 penghargaan di PIMNAS 36 diantaranya; (1) Medali emas PKM-GFT kategori poster oleh tim dari Haliza Putri Iewsa Pratama (ketua); (2) Medali emas PKM-RSH-2 kategori presentasi oleh Faza Kasyiva Az Zahra, (3) Medali emas PKM -K-4 kategori presentasi oleh Intan Syafiiyah, (4) Medali emas PKM-RSH-4 kategori presentasi oleh Queen Kusuma Berliana; (5) Medali perak PKM-KI kategori presentasi oleh Putri Rizky Febrianti; (6) Medali perak PKM-KC-2 kategori poster oleh tim dari Amelia Fadhil Nurlaila (ketua); (7) Medali perak PKM-K-1 kategori poster oleh tim dari Vanesa Kusuma Putri (ketua); (8) Medali perak PKM-PM-4 kategori poster oleh tim dari Linka Latifany Falasifa (ketua); (9) Medali perak PKM-KI kategori poster oleh tim dari Putri Rizky Febrianti (ketua); (10) Medali perunggu PKM-K-4 kategori poster oleh tim dari Fadilla Intan Nur Assifa (ketua); (11) Medali perunggu PKM-RSH-4 kategori poster oleh tim dari Queen Kusuma Berliana (ketua); (12) Medali perunggu PKM-PM-3 kategori poster oleh tim dari Fadilah Ariani (ketua); (13) Medali perunggu PKM-K-1 oleh Helen Atris Romadhona Kuswandi Putri; (14) Medali perunggu PKM-RSH-3 kategori presentasi oleh tim dari Resty Sushanty; (15) Juara favorit PKM-K-1 oleh Vanesa Kusuma Putri; (17) Mahasiswa bertalenta PKM-PM-2 oleh Achmad Mufti Fauzi; (17) Mahasiswa bertalenta PKM-K-2 oleh Saeful Umam; (18) Mahasiswa bertalenta PKM-RSH-4 oleh Aida Annisa Nur Kamila.

Wakil Dekan III FMIPA Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. Sentot Kusairi, S.Pd, M.Si, menyampaikan rasa bangga atas raihan para delegasi Universitas Negeri Malang di ajang Pimnas 2023. Pihaknya juga berharap agar para mahasiswa Universitas Negeri Malang terus berprestasi di ajang nasional dan internasional, serta menjadi teladan bagi mahasiswa lain untuk mengembangkan prestasi di berbagai bidang. [iib]

Tags: